Ini Teknologi Yang Wajib Dimiliki Sirkuit MotoGP, Termasuk Mandalika

Minggu, 29/11/2020 20:10 WIB

mobilinanews (Prancis) - Formula 1 dan MotoGP mengharuskan semua sirkuit penyelenggara memasang fasilitas panel lampu digital mulai musim 2022.

Tak lain untuk tingkatkan aspek keselamatan sekaligus kecepatan dan akurasi inforrmasi dari Race Control ke marshall maupun kompetitor.

FIA dan FIM berkolaborasi untuk penerapan aturan itu atas nama safety. Setiap sirkuit Grade 1 (F1) dan Grade A (MotoGP) kini diberi waktu setahun untuk mempersiapkan pemasangan fasilitas tersebut secara permanen. Tiap sirkuit harus memiliki sendiri perangkat teknologi terrsebut.

Saat ini F1 sudah terapkan penggunaan lampu tersebut untuk membantu tugas marshall seperti pengibaran bendera kuning atau merah, masuknya safety car,  juga informasi seputar cuaca terkini.

Hanya saja perlengkapan itu belum dipermanenkan. Kini dibawa promotor F1 dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya.

Di sirkuit MotoGP belum ada penerapan lampu ini. Ke depan tak hanya MotoGP, tuan rumah WSBK dan Balap Ketahanan pun wajib gunakan panel lampu peringatan ini.

Indonesia lewat Sirkuit Mandalika yang tengah menunggu jadi tuan rumah MotoGP tentu juga harus mempersiapkannya.

Apalagi spesifikasi sirkuit Mandalika juga dibangun dengan standar Grade 1 FIA untuk suatu saat nantinya juga bisa menggelar F1.

Saat ini EM Motorsport di Inggris adalah satu-satunya pabrikan pemasok teknologi ini yang sudah lolos ujian FIA. Beberapa perusahaan lain dikabarkan tengah ikut tender untuk perrsiapan ke musim 2022. 

FIM menyambut baik kerjasama dengan FIA dan mengikuti standar keselamatan yang sudah dimulai F1 itu. 

"Pada aspek keselamatan, FIA dan FIM memiliki ikatan yang sangat kuat. Penyeragaman aturan ini sangat memperkuat kerjasama itu," komentar Franck Vayssie, Direktur Komisi Balap FIM.

Peraturan baru ini mulai terasa vital berlaku di MotoGP. Soalnya sudah banyak kasus terjadi di mana seorang pembalap tetap tak menurunkan kecepatan motornya dengan alasan tidak melihat bendera yang dikibarkan petugas di pos.

Dengan lampu peringatan ini yang tersebar di beberapa bagian sirkuit maka kasus itu diharapkan tak lagi terjadi. (rnp)

 

 

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak