Ternyata Pereli Advannov Agung Putera Juga Pernah Alami Mobil Terbakar Seperti Grosjean!

Selasa, 01/12/2020 15:37 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pasca insiden terbakarnya mobil pembalap Formula 1 dari tim Haas, Romain Grosjean, pada Grand Prix Bahrain 2020 hari Minggu kemarin, semakin menegaskan motorsport is dangerous. 

Namun, FIA sebagai badan regulator tertinggi dunia yang mengatur tentang motorsport sudah menetapkan standar tinggi untuk komponen yang  digunakan setiap pembalap.

Melihat bahaya tersebut, semua pembalap harus menggunakan peranti balap yang sesuai dengan prosedur dan sertifikasi dari FIA.

"Dari situ baru kita lihat, kenapa dalam setiap olahraga motorsport harus diutamakan safety first, karena motorsport can be dangerous," ungkap Advannov Agung Putera.

Pereli nasional itu menanggapi insiden terbakarnya mobil Grosjean, yang juga sempat dialaminya beberapa tahun lalu di ajang Sprint Rally.

Menurut pereli muda ini, apa yang dikenakan pembalap F1 tersebut semuanya sudah memiliki ketahanan terhadap api dan mumpuni dalam kondisi seperti itu.

Sehingga untuk balapan ini pelakunya tidak bisa bermain-main dengan kualitas racing suite serta peranti lainnya yang harus digunakan.

"Faktor penting yang mendukung keselamatan Grosjean, terdiri dari racing suite, daleman, sepatu, helm bahkan sarung tangan dan yang nempel di badan sudah FIA Certified. Coba bisa dibayangin kalau itu bukan sertifikasi FIA, kita enggak tahu akan seperti apa juga kan?," tambah Advan.

Selain dipersenjatai dengan komponen yang mumpuni, pembalap juga harus memiliki kecepatan keluar dari mobil dalam keadaan terburuk.

Seperti Romain Grosjean, yang bisa keluar dari mobil yang terbakar dalam waktu cepat dan kesigapan petugas Marshall.

Advannov juga menjelaskan perihal safety 30 second tersebut. Menurutnya, hitungan waktu tersebut merupakan sebuah pakem yang harus dikuasai dalam keadaan darurat.

"Untuk safety yang harus keluar dari mobil dalam 30 detik, itu salah satu prosedur safety. Makanya pada seat belt pembalap harus ada fitur quick release dan itu menjadi salah satu prosedur keselamatan," terangnya.

"Waktu kejadian saya, pas ada api masuk ke dalam mobil, saya langsung cabut seat belt melalui tombol quick release dan langsung membuka pintu untuk keluar secepatnya dari mobil," ungkap Advan. (hf)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag