Jalani Operasi Cangkok Tulang, Marc Marquez Menepi 6 Bulan Lagi

Jum'at, 04/12/2020 15:59 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Patah tulang kanan di GP Spanyol pada Juli lalu tak kunjung sembuh, akhirnya memaksa Marc Marquez jalani operasi ketiga dengan mencangkok tulang yang rusaj dengan mengambil tulang baru dari pinggulnya.

Sejak bulan lalu memang ada rencana juara dunia MotoGP 6 kali itu untuk lakukan cangkok tulang. Hanya tinggal tunggu keputusan Marquez sendiri.

Dan, akhirnya itu yang ia lakukan. Pada Kamis (3/12/2020), ia keluar menuju Madrid dan langsung lakukan operasi. Operasi kali ketiga.

Bedanya bukan lagi dr. Xavier Mir yang menanganinya tapi para dokter baru di rumah sakit Ruber Internacional Madrid di bawah pimpinan dr. Samuel Antuna.

Dalam press release hari ini, tim Repsol Honda membenarkan operasi ketiga yang pertama kali dilaporkan oleh media Antena3 Spanyol itu. Kalau media ini menyebut operasi berlangsung 11 jam maka Repsol Honda mengkoreksinya jadi 8 jam.

Honda menyebut tulang pengganti diambil dari pinggul Marquez, yang memgandung sel darah merah tinggi. Itu kemudian dicangkokkan ke area humerus tangan kanannya. Plat baru juga dipasang untuk merekatkan tulang yang patah.

"Proses pembedahan berjalan lancar dalam waktu 8 jam," bunyi keterangan Honda tanpa menyebut kapan kiranya Marquez bisa kembali berlaga.

Dalam analisa medis sebekumnya, cangkok tulang seperti ini diperkirakan makan waktu 6 bulan untuk rehabilitasi dan pemulihan. Itu berarti Marquez tak akan mengaspal hingga paroh musim kompetisi 2021. 

Siapa penggantinya?

Honda belum putuskan. Apakah tetap gunakan jasa tester Stefan Bradl seperti musim 2020 atau minta tolong kepada Andrea Dovizioso seperti rumor yang berkembang? 

Dovi sendiri sudah akhiri kontrak di Ducati dan memilih istirahat pada 2021. Tapi, jika Honda memintanya kembali menggeber RV231V maka itu suatu kesempatan yang sulit ditolak.

Dovi sempat gabung dengan Repsol Honda pada musim 2008-2011 menggantikan alm Nicky Hayden. Ia juga pembesut Honda saat main di kelas 125 dan 250 cc. (rnp)

 

 

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia