WRC2020 Monza Rally: Hyundai Memimpin Meski Kehilangan Neuville

Sabtu, 05/12/2020 01:16 WIB

mobilinanews (Italia) - Enam SS (Special Stage) telah tuntas pada Sabtu (5-12-2020) dinihari WIB. Hyundai lewat pereli ketiganya, Dani Sordo, justru  memimpin hasil overall sementara.

Di sisi lain perburuan gelar juara dunia 2020 untuk sementara masih aman dan nyaman buat pereli tim Toyota Elfyn Evans.

Tercepat di SS2 dan 6 membuat Sordo memimpin sementara dengan keunggulan hanya 1,0 detik atas Esapekka Lappi (Ford Fiesta). Di urutan 3 dan 4 bersaing sesama joki Toyota Yaris, Sebastien Ogier dan Elfyn Evans. Keduanya masih tarung berebut gelar 2020.

Sordo sendiri tak punya peluang jadi juara dunia meski nantinya tampil juara di Monza Rally. Peluang juara dunia buat Hyundai kini bisa dikatakan tertutup setelah Thierry Neuville dua kali kecelakaan di SS4 dan akhirnya out dari lomba.

Joki Hyundai satunya, Ott Tanak, saat ini sementara berada di peringkat 5. Dari hitungan teknis memang ia punya peluang mempertahankan gelar dunia yang tahun lalu ia raih bersama Toyota.

Namun hanya keajaiban yang bisa menolongnya. Pasalnya ia harus memetik poin maksimal 29 atau 30 sebagai juara plus poin di Power Stage, tapi ini pun dengan catatan Evans gagal meraih poin.

Praktis kini peluang hanya berada di tangan Evans dan Ogier yang dipisahkan 14 poin dalam klasemen sementara.

Meski Ogier juga pemenang di SS1 dan 5, tapi hasil di 4 SS lainnya tak membuatnya unggul telak atas Evans yang hanya sekali menjuarai SS, yakni SS4. Satu SS lainnya diambil Lappi.

Komposisi overall saat ini jelas menguntungkan Evans. Ia hanya perlu menjaga posisi tidak terlalu jauh dari Ogier untuk.pastikan gelar. Tak perlu ngotot menjadi juara.

Kalaupun misalnya nanti Ogier yang menjuarai Monza Rally maka Evans hanya perlu finish P2 untuk pastikan gelar.

Dalam posisi 3 Besar saat ini dan dikuntit Evans di urutan 4 dengan selisih 5,1 detik maka agak sulit buat Ogier untuk meraih trofi di akhir lomba.

Misalkan posisi 3 dan 4 saat ini bertahan hingga akhir lomba pada Minggu nanti maka Evans tetap unggul poin dari yang tadinya 111 lawan 97 menjadi 123 melawan 112. Hanya terpotong 3 angka.

Tapi, perlombaan masih panjang dan banyak hal bisa terjadi. Pada Sabtu ini dihelat 7 SS (SS7 hingga 13) dan disebut-sebut jadi rute tersulit di Monza Rally.

Bisa jadi penentuan gelar terjadi pada hari ini karena pada Minggu hanya ada 3SS sisa, termasuk SS terakhir yang jadi ajang Power Stage dengan bonus poin 1 sampai 5.

Dan, strategi Evans tampaknya akan sama. Yakni main aman dan tetap berhitung agar tak jauh dari Ogier. (rnp)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap