F1 2020 Abu Dhabi: Hamilton Tak Pasti, Russell Kembali Jadi Pengganti

Selasa, 08/12/2020 17:35 WIB

mobilinanews (UEA) - Lewis Hamilton akan jalani tes ulang Covid-19 pada Kamis ini. Jika negatif tak berarti ia bisa langsung ikut sesi latihan GP Abu Dhabi pada Jumat atau kualifikasi pada Sabtu.

Team Principal Mercedes, Toto Wolff menyebut Hamilton sudah merasa tersiksa jalani isolasi mandiri di hotelnya, sendirian. Karena itu ia berharap Hamilton bisa tampil di seri pamungkas serial F1 2020 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 11-13 Desember 2020.

"Tapi, bisa tidaknya tak sepenuhnya di tangan kami. Ada prosedur di luar jangkauan kami yang harus ditempuh," kata Wolff.

Tes lanjutan pada Kamis sama sekali belum diketahui kapan hasilnya keluar. Paling cepat mungkin keesokan harinya yang artinya tak mungkin Hamilton ikuti FP1 dan FP2.

Jika hasil keluar Jumat, tahapan berikutnya adalah kebijakan otoritas kesehatan Bahrain, apakah bisa langsung ke luar dari negara tersebut atau tidak.

Dan, ini juga berat, bahwa sesampainya di UEA maka Hamilton wajib dikarantina minimal 1 hari karena sudah terpapar Covid-19. 

Jika tak sempat ikut sesi kualifikasi maka dipastikan Hamilton tak akan bisa ikut raceday Minggu sekaligus salam perpisahan untuk musim 2020.

Siapa penggantinya?

Wolff belum mau berandai-andai sepanjang kans Hamilton belum benar-benar terrutup.

Tapi, banyak yang berharap tugas pembalap pengganti kembali diberikan buat George Russell, pembalap junior Mercedes yang tampil impresif saat geber W11 milik Hamilton di GP Sakhir.   

Russell sendiri sudah singgung keinginan lanjut ke Sirkuit Yas Marinas.

"Itu tergantung pada Lewis," katanya seolah berharap rekan senegaranya itu ikhlaskan satu kesempatan lagi buatnya. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag