P1 ADMI-IMI, Akademi Balap Virtual Pertama di Asia

Rabu, 09/12/2020 09:09 WIB

mobilinanews (Jakarta) - P1 Academy Digital Motorsport Indonesia (ADMI) - IMI resmi dilaunching di Jakarta, Sabtu (5/12/2020) lalu.

P1 ADMI adalah akademi balap virtual pertama di Indonesia hasil kerjasama IMI Pusat dan LPDUK Kemenpora, dengan fasilitas perangkat simulator termutakhir. 

Tak hanya itu, P1 ADMI juga digawangi para instruktur andal dan senior dikomandani pembalap kenamaan Alvin Bahar, dibantu Yasuo Senna Iriawan, Avila Bahar serta Rinaldo SA.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Sadikin Aksa dalam peluncuran P1 ADMI di homebase Jalan Radio I Nomor 13, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mengatakan, akademi ini telah melalui standarisasi dari Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Akhirnya, akademi ini bisa diresmikan setelah 5 tahun lalu digodok FIA. Di Indonesia sendiri, kita persiapan selama dua tahun, dan ini adalah yang pertama di Asia," kata Sadikin Aksa bangga.

Chairman P1 ADMI-IMI, Irvan T Bahran menerangkan semua berawal dari gagasan IMI Pusat dan LPDUK Kemenpora), kemudian Komisi Digital Motorsport IMI yang melakukan sosialisasi simulator balap (racing simulator) dengan membentuk sebuah wadah tempat pengenalan dan memulai balapan maupun safety driving.

"Dengan diluncurkannya P1 ADMI-IMI ini akan membuka luas jaring peminat olahraga otomotif dengan biaya lebih murah serta mendapatkan pendidikan dari dasar sampai mahir. Sehingga untuk jenjang berikutnya jauh lebih mudah dan punya dasar yang kuat," kata Irvan Bahran.

Kegiatan balapan digital ini sudah diakui dan masuk dalam cabang olahraga IMI Pusat. 

Dan, telah memiliki Komisi Digital Motorsport IMI mengakomodir komunitas maupun peminat balap virtual Indonesia dengan mengorganisir event balap virtual offline maupun online. 

Tahun 2019 telah dilangsungkan kejuaraan nasional pertama di Indonesia dan melahirkan atlet digital nasional yang setara dengan atlet olahraga bermotor lainnya serta mendapatkan IMI Award sebagai juara nasional.

Saat launching P1 ADMI juga dihadiri Bambang Soesatyo sebagai Pembina IMI Pusat dan kandidat Ketua IMI Pusat periode 2021-2024.

"Saya berharap balap virtual simulator yang tengah tren di Indonesia ini bisa memberikan prestasi bagi bangsa," ungkap pria penggemar otomotif dan Ketua MPR-RI itu. (wan).

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok