F1 2020 Abu Dhabi: Bos Williams Saja Tak Mau Russell Dipulangkan Mercedes

Rabu, 09/12/2020 21:27 WIB

mobilinanews (UEA) - Makin banyak saja dukungan buat George Russell agar teruskan kiprah sebagai driver pengganti Lewis Hamilton di tim Mercedes. Tim Williams pun mendukung.

Williams adalah tim yang dihuni Russell sejak tahun lalu. Pembalap Inggris binaan Mercedes itu dititipkan pada tim yang mesin mobilnya dipasok oleh Mercedes.

Pemimpin tim Williams Simon Roberts pun ikut terkagum-kagum melihat performa Russell sebagai pengganti Hamilton di GP Sakhir lalu. Mengesankan di semua sesi sepanjang 3 hari.

Ia gagal jadi juara (sudah leading 62 laps dengan gap 8 detik dari pembalap di belakangnya) tak lain karena kecerobohan tim saat pit stop.

Itu sebabnya Russell pun ingin diberi satu kesempatan lagi di GP Abu Dhabi akhir pekan ini. Dan, fans F1 terutama di Inggris sangat mendukung.

Sejauh ini belum ada kejelasan apakah Hamilton bisa tampil di seri terakhir 2020 ini atau tidak. Ia masih harus lewati beberapa tes Covid-19 lagi, dan juga masih tanda tanya bisa mudah masuk negara UEA atau tidak.

Juara dunia F1 7 kali itu masih berada di Bahrain sementara rombongan tim sudah berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Lewat medsos, Hamilton yang masa isolasinya berakhir pada Kamis besok menyatakan ingin balapan di Sirkuit Yas Marina. Keinginan itu tampaknya membuat Mercedes harus menunggu sampai saat-saat terakhir.

Saat sama juga membuat tim Williams belum bisa tentukan line up-nya ke GP Abu Dhabi.

"Kami tentu tak akan menolak jika Mercedes menelpon dan minta George kembali jadi pengganti Hamilton," kata Roberts.

Ia khawatir Russell akan kecewa dan frustrasi jika dipulangkan ke tim Williams pada saat ini. Roberts tak ingin melihat situasi macam itu.

"Ia akan banyak belajar di Mercedes yang nantinya bermanfaat untuk mendorong kemajuan di Williams," kata pejabat sementara Team Principal Williams itu.

Team Principal Mercedes Toto Wolff menyatakan menunggu kepastian Hamilton dalam situasi yang tak mudah saat ini. Namun ia tak menampik Russell punya kesempatan begitu Hamilton tak bisa main di Abu Dhabi.

Artinya? Ya belum pasti. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag