Transaksi Pakai QR Code, Urusan Toyota Jadi Mudah di Auto2000

Kamis, 10/12/2020 23:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Auto2000 menyediakan berbagai metode pembayaran yang memberikan keuntungan dan kemudahan kepada AutoFamily.

Teranyar, transaksi AutoFamily di Auto2000 bisa dengan menggunakan QR Code atau sering juga disebut dengan QRIS. 

Apa itu QR Code atau QRIS? 

Adalah bertransaksi dengan dompet digital, dilakukan melalui scan pada QR Code yang mampu mempercepat dan mempermudah proses transaksi. QR Code menunjang transaksi cardless yang tengah dikampanyekan di mana-mana.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

QR Code atau barcode dua dimensi berasal dari kata “Quick Response”, di mana isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat. QR Code sendiri dikembangkan pertama kali di Jepang  pada 1994. 

QR Code bekerja dengan cara membaca beberapa komponen pada kotak kode. Tiga kotak besar di setiap sudutnya menggambarkan pembatas kode. Sedangkan kotak lebih kecil berguna untuk mengukur besar kotak. 

Beberapa komponen yang ada di tengah kode adalah pola waktu, data informasi, dan nomor versi. Area-area ini dibaca oleh scanner dan diproses datanya sehingga QR Code berfungsi. 

QR Code tidak hanya terbatas fungsinya untuk pembayaran, namun juga dapat digunakan untuk instrument lain yakni sebagai interface platform.

Auto2000 selalu berusaha membuat nyaman AutoFamily dengan berbagai kemudahan  

Kini, Indonesia memiliki standar QR Code-nya sendiri yang terwujud dalam Quick Response Indonesia Standard (QRIS). 

Dengan dirilisnya standardisasi itu, semua transaksi QR Code dalam negeri wajib mengacu pada aturan Bank Indonesia tersebut. 

 

Transaksi QR Code atau QRIS di Auto2000

Beradaptasi dengan perkembangan teknologi, di mana Bank Indonesia telah mengeluarkan izin penggunaan QRIS sebagai salah satu alat bayar non tunai, Auto2000 juga memberikan kemudahan dengan menerima transaksi pembayaran tersebut.

Metode pembayaran melalui fasilitas e-wallet ini sebagai upaya mencegah penularan virus COVID-19 dan memberikan kemudahan bagi AutoFamily.

Saat ini, transaksi QRIS bisa digunakan untuk pembayaran layanan after sales, baik servis berkala, general repair, dan body repair.

AutoFamily yang ingin melakukan pembayaran via aplikasi pembayaran atau internet banking yang mempunyai fasilitas QR reader dapat meminta sistem pembayaran ini di kasir cabang Auto2000 atau petugas THS - Auto2000 Home Service yang berkunjung ke rumah.

Selanjutnya, petugas Auto2000 akan memberikan print out transaksi yang di dalamnya terdapat QR code. AutoFamily tinggal melakukan scan pada kode QR tersebut dan membayar sejumlah yang ditagihkan melalui aplikasi perbankan miliknya. 

Selesai itu, front liner Auto2000 akan memberikan struk bukti transaksi lewat QR code. 

Transaksi QRIS Auto2000 telah melakukan kerjasama pembayaran dengan Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank Permata, serta akan terus diperluas bersama penyedia jasa e-wallet lainnya.

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 memberikan kemudahan pembayaran secara tunai dan non-tunai, termasuk menggunakan QR code sebagai salah satu bentuk pembayaran digital melalui e-wallet. Sistem pembayaran digital kami telah disetujui Pemerintah Republik Indonesia dan diawasi  Otoritas Jasa Keuangan dalam pelaksanaannya,” terang Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

Nyatanya, penggunaan alat pembayaran non tunai atau disebut Less Cash Society saat ini  telah menjadi keniscayaan. 

Transaksi non tunai di Auto2000, AutoFamily bisa melakukan pembayaran memanfaatkan transfer antar bank, virtual account, kartu debit, kartu kredit, atau bahkan yang sedang ramai digunakan yakni e-wallet.

Urusan Toyota makin mudah di Auto2000  (bs)

 

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta