Finalis Mobil Paling Ramah Lingkungan Diumumkan

Jum'at, 16/10/2015 09:14 WIB

mobilinanews (Amerika Serikat) – Penghargaan tahunan mobil paling ramah lingkungan alias Green Car of the Year oleh Green Car Journal sedianya kembali diadakan di ajang Los Angeles Auto Show 2015, 20 – 29 November mendatang.

Ada lima finalis yang telah diumumkan ke publik, yaitu:

Audi A3 Sportback e-tron

Tahun lalu, Audi A3 versi mesin diesel masuk finalis. Kini giliran Audi plug-in hybrid hatchback yang mendapat kehormatan. Mobil yang dipasarkan mulai US$37.900 atau sekitar Rp 511 juta (nilai kurs Rp 13.500) ini disebut mampu melaju hingga 30,4 km hanya dengan mengandalkan tenaga motor listrik yang mengandalkan baterei 8.8kWh lithium-ion.

Setelah itu giliran mesin konvensional 1,4-liter turbocharged 4-silinder yang menggerakkan sumber tenaga penggerak roda kendaraan. Mobil ini sedianya baru mulai dipasarkan di Amerika Serikat bulan Oktober, meski di pasar Eropa sudah dipasarkan mulai tahun lalu.

Chevrolet Volt

Dengan baterei 20 persen lebih besar dan kemampuan menjelajah hingga 672 km, all-new Chevrolet Volt 2016 merupakan mobil plug-in hybrid terbaik dari GM saat ini. Pihak produsen juga telah menyempurnakan handling dan akselerasi yang membuat Volt semakin nyaman dikendarai. Meski desainnya banyak dinilai kurang futuristik oleh banyak konsumen, namun generasi terbaru terlihat lebih oke.

Honda Civic

Honda Civic tahun 2016 yang merupakan generasi ke-10 memiliki kapasitas ruang dan efisiensi yang lebih baik dibanding generasi-generasi sebelumnya. Meski di awal, pihak Honda melansir dalam model sedan, namun model coupe dan hatchback 5-pintu dikabarkan segera meluncur juga.

Mobil ini juga merupakan generasi Civic pertama yang dilengkapi mesin turbocharged. Meski konsumsi BBM resminya untuk pasar Amerika belum dirilis, namun estimasi menyebutkan konsumsi mesin konvensional tanpa bantuan sistem elektrik mampu menembus batas standar 17 km/liter.

Hyundai Sonata

Hyundai Sonata merupakan yang terlengkap di antara kelima finalis, karena dibekali mesin bensin, hybrid-electric dan plug-in powertrain. Sistem plug-in mampu membuat mobil melaju hingga 38,4 km hanya dengan mengandalkan tenaga beterei, dan jika ditopang sistem hybrid mampu menghasilkan konsumsi BBM 18,275 km/liter di jalan tol.

Diperkenalkan tahun 2015, Hyundai Sonata mampu membuat banyak publik di Amerika Serikat terpukau pada aplikasi teknologi dan performanya. Desainnya juga lebih aman dibanding model generasi sebelumnya, sehingga diasumsikan mampu membuat lebih banyak calon konsumen akan membuka pintu dealer Hyundai di negeri Abang Sam.

Toyota Prius

Kembali menjadi finalis Green Car of the Year, Toyota Prius mengandalkan ukiran baterei lebih kecil, sehingga memberikan penumpang ruang bagasi lebih luas meski tidak memberikan dampak pada konsumsi BBMnya. Pihak Toyota hanya menerangkan new Prius memiliki kemampuan melaju 10 persen lebih jauh dibanding sebelumnya.

Sumber: cnet.com

TERKINI
Soal Insentif Mobil Hybrid, Jokowi Mengaku Masih Melakukan Kajian Mendalam Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior GESITS Kembangkan Teknologi Motor Listrik Baru Bersama IBC dan Hyundai Kefico