Matinya Pemutar Kaset Dan CD Dalam Mobil

Jum'at, 16/10/2015 09:51 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Kaset dan CD merupakan dua item yang tentu saja sudah berjaa banyak dalam menemani kehidupan kita selama puluhan tahun. Buat generasi 80 dan 90-an, keberadaan kaset dan CD jelas tidak bisa dianggap hilang begitu saja perannya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Head unit generasi awal masuk kedalam mobil pada tahun 30-an dan ketika itu Blaupunkt tampil sebagai pionir dan hanya mampu menerima siaran radio saja. Teknologi kaset pita mulai ada sejak tahun 60-an dan mulai masuk mobil pada tahun 70-an dimana RCA, Phillips dan Blaupunkt sebagai merk-merk awal pemutar kaset dalam mobil. Tahun 80-an ketika generasi awal teknologi digital masuk berupa compact disc atau CD, Ford Motor Company melalui Lincoln Town Car adalah mobil pertama didunia yang mengadopsi pemutar CD generasi awal.

Setelah 30 tahun lebih keberadaan kaset dan CD dalam mobil, perlahan posisi mereka digantikan oleh file-file digital yang tersimpan dalam memori card atau flash. Input masuk yang beragam dari USB, slot memori hingga hardisk internal menjadikan sistem digital dalam mobil menjadi sangat praktis. Ini masih ditambah teknologi wireless yang memungkinkan smartphone juga menjadi source pemutar lagu melalui gelombang bluethooth atau line input.

Melalui file encoding seperti MP3,WAV, Attrack dan lain-lain sebuah lagu dengan kualitas baik hanya berukuran 3 MB. Artinya jika kita memiliki flash disk ukuran 1GB akan ada sekitar 300 lagu yang sepadan dengan 30 CD!. Jauh lebih praktis kan. Bahkan jika kita memilik smartphone yang compatible dengan ukuran normal 8GB, maka akan ada file lagu sebanyak 2400 lagu yang sepadan dengan 240 CD.

Oleh karena itu, head unit modern kini sudah banyak yang menghilangkan tray kaset bahkan CD untuk mengurangi cost. Sebagai gantinya hanya slot USB dan line input universal dan jalur stereo bluethooth (untuk head unit mid up level) sebagai ganti pemutar kaset dan CD.

Sebut saja Bewith State MM-1D,Sony RSX-GS9, Blaupunkt Capetown 940 merupakan jajaran head unit yang mengedepankan encoding digital dengan kapasitas multi file. Kemampuan head unit ini terbilang tanpa batas digital, praktis dan bersuara sangat mengesankan.

Tunggu saja bahwa ini akan menjadi trend head unit masa depan dimana kita hanya membutuhkan source data encoding yang tersimpan dalam memori dengan atau tanpa bantuan kabel untuk mengaksesnya.

Keren kan…

TERKINI
Brio Dominasi Panjualan Honda di April 2024 Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern Apakah Air Radiator Berperan Penting pada Mobil? Simak Penjelasan Ini Agar Tidak Gagal Paham MotoGP Italia Jadikan Brembo Sebagai Sponsor Utama pada 2024 dan 2025