Rally Swedia 2021 Terancam Batal, Finlandia Bersiap Ambil Alih

Selasa, 15/12/2020 19:21 WIB

mobilinanews (Swedia) - Serial reli mobil WRC (World Rally Championship) musim 2020 hanya berlangsung 7 putaran karena Coronavirus. Wabah itu sepertinya masih akan mengganggu jadwal kompetisi 2021.

Rally Swedia yang terkenal dengan saljunya pun sudah terancam batal.

Seperti biasanya, Rally Swedia berlangsung saat musim salju di negeri itu. Jadwal tahun depan sudah dipatok pada 11-14 Februari 2021.

Sayangnya, salah satu ajang reli terkenal itu terancam batal karena serangan wabah Cpvid-19 yang meningkat lagi di beberapa negara Eropa, termasuk Swedia.

Tak ada yang bisa dilakukan promotor lokal saat ini kecuali menunggu keputusan otoritas kesehatan setempat. Keputusan yang diperkirakan muncul pada awal tahun depan. Membuat pihak penyelenggara gamang dalam melakukan persiapan besarnya.

Perkiraan lain adalah event ini tetap dilangsungkan karena berada jauh dari pemukiman. Hanya saja tidak akan diperkenankan menghadirkan penonton seperti beberapa ajang WRC sepanjang tahun 2020.

Media Swedia, termasuk stasiun televisi SVT, menilai sangat tak mungkin bagi promotor lokal menyelenggarakan lomba jika tak ada penonton. Sebab hasil penjulan tiket justru menjadi sumber pendapatan utama penyelenggara.

Melihat kemungkinan hilangnya satu-satunya seri lomba yang berlangsung di atas salju itu, Finlandia pun langsung menjajaki mengambil alih dengan menggelar seri pengganti di negerinya pada akhir Februari 2020, saat salju juga turun di beberapa wilayahnya.

Finlandia sendiri sudah menjadi penyelenggara rutin seri WRC. Rally Finlandia yang terkenal dengan julukan `Reli 1000 Danau` sudah masukkalender sementara 2020 yang rencananya digelar pada 29 Juli - 1 Agustus.

Jika jadi `memindahkan` seri Swedia ke Finlandia pada Februari untuk mengejar trek bersalju berarti Finlandia akan menggelar dua seri musim depan.

Terkait hal ini komisi reli di FIA belum keluarkan pernyataan apa pun. Yang jelas, fans reli dunia akan merasa kehilangan jika tradisi balap salju Swedia tak jadi digelar.

Begitu pun para pereli yang menjadikan seri ini sebagai tentangan tersendiri bagi skill-nya di balik kemudi maupun perforrma besutan masing-masing. (rnp)

 

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar