FIA dan WRC Akhirnya Batalkan Rally Swedia Karena Tren Peningkatan Covid

Rabu, 16/12/2020 00:30 WIB

mobilinanews (Swedia) - Rally Swedia yang rutin dihelat sejak 1950 dan masuk kalender WRC mulai 1973 akhirnya ikut ambruk juga oleh hantaman wabah virus Corona.

Reli dengan trek di atas salju ini batal digelar pada 2021 meski sudah dijadwal pada 11-14 Februari 2020.

Pembatalan ini terkait dengan izin yang tidak diberikan otoritas kesehatan setempat dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Swedia. Khususnya di wilayah Varmland yang menjadi lokasi reli.

Penyelenggara lokal bersama WRC dan FIA pun membuat pernyataan bersama soal pembatalan yang menurut ketiga pihak sangat disayangkan. Situasi membuat tak ada alternatif lain kecuali pembatalan.

CEO Rally Swedia Glenn Olsson menyebut peningkatan kasus Covid-19 di negerinya membuat segala sesuatunya diatur semakin ketat. Reli tetap tak bisa digelar meski telah menyiapkan protokol kesehatan standar tinggi.

"Kami bersama FIA dan WRC sepenuhnya memahami bahwa kesehatan penduduk lokal dan keluarga besar WRC adalah perhatian utama. Kami harus memprioritaskan perlindungan terhadap komunitas tersebut," katanya.

"Selama ini kami memantau dari dekat situasi Covid-19 yang terus berkembang di wilayah Varmland. Tentu kami kecewa terlebih karena panitia telah menyiapkan lintasan baru yang sangat menarik, tapi ini adalah keputusan yang sepenuhnya kami dukung."

Sejak masuk serial WRC pada 1973, ini kali keempat Rally Swedia tak digelar. Seri 1974 dan 1990 tak digelar masing-masing dengan alasan krisis finansial dan hambatan cuaca yang ekstrem. Pada 2009 ajang ini absen lantaran kena sistem rotasi yang dilakukan FIA dan penyelenggara WRC.

FIA dan WRC menyebut tengah mencari alternatif pengganti Rally Swedia dan sedang bernegosiasi dengan tuan rumah baru. Tak disebutkan negara mana, namun Finlandia dikabarkan berminat memindahkan Rally Swedia ke negaranya

Slot waktu yang diminta adalah akhir Februari agar bertepatan dengan musim salju di Finlandia. (rnp)

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia