Tikungan 10 Sirkuit Catalunya Spanyol Direvisi, Ini Alasannya!

Jum'at, 18/12/2020 19:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, akan berbenah diri untuk menyambut musim balap Formula 1 2021.

Salah satu alasannya adalah untuk memberikan peningkatan keselamatan kepada pembalap dengan melakukan reshape pada tikungan ke-10 di sirkuit tersebut.

Hal ini sudah dibicarakan dan mendapat persetujuan dari FIA dan FIM.

Ada alasan khusus mengapa sirkuit tersebut harus dibenahi, menurut pemaparan yang diberikan motorsport.com, pada tikungan tesebut memang sering terjadi kecelakaan yang menyebabkan cidera parah pada pembalap.

Insiden terakhir adalah kematian pembalap Moto2, Luis Salom. Dengan kejadian tersebut, akhirnya penyelenggara balap setuju untuk melakukan revisi tikungan.

"Selama Januari, Circuit de Barcelona-Catalunya akan membentuk kembali tata letak tikungan kesepuluh saat ini, yang terletak di pintu masuk area stadion legendaris," jelas pernyataan sirkuit.

Memang untuk ajang balap Formula 1 dan MotoGP memiliki penggunaan tikungan kesepuluh yang berbeda. Namun, MotoGP sering kali menggunakan tata lay out yang berbeda.

Formula 1 beralasan tidak menggunakan jalur yang digunakan pada balap MotoGP karena alasan keselamatan, sehingga mereka berpikir untuk menggunakan lay out yang berbeda.

"Untuk musim 2021, dan sesuai dengan FIA dan FIM, Circuit de Barcelona-Catalunya telah merancang varian baru dan unik untuk tikungan kesepuluh, yang akan ditempatkan di antara dua tata letak saat ini. Perubahan ini akan memungkinkan area run-off di belokan, sehingga meningkatkan jarak aman, dan itu juga akan menagrah pada kembali ke asal tata letak," tambahnya.

Perubahan pada sirkuit adalah salah satu dari serangkaian inisiatif yang telah disepakati oleh F1 dan badan pengatur MotoGP masing-masing karena FIA dan FIM bekerja sama lebih erat dalam masalah keselamatan lintasan. (hf)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh