Latber Drag Race di Sirkuit NP Suwarnadwipa Muara Bungo Jadi Obat Rindu!

Selasa, 22/12/2020 13:40 WIB

mobilinanews (Muara Bungo) – Sepanjang tahun tidak ada event karena pandemic Covid-19, membuat komunitas balap drag race dan drag bike di Muara Bungo, Jambi dan sekitarnya berasa haus untuk bisa ngegas.

Maka itu, Latber (Latihan Bersama) Drag Race dan Drag Bike yang dihelat di sirkuit NP Suwarnadwipa Nusantara Muara Bungo, Jambi, 12 Desember lalu dibanjiri peserta.

Sekawan Production selaku penyelenggara mengadakan event Latber yang memang diboleh IMI (Ikatan Motor Indonesia) dengan mematuhi prokes (protokol kesehatan).

Bedanya Latber dan event resmi, hanya pada trofi pemenang. Untuk Latber, tidak ada yang mendapat trofi kejuaraan.

Meski begitu, tetap mendapat tanggapan positif dari komunitas drag race maupun drag bike, yang menganggapnya seperti oase (mata air) di padang pasir. Mereka senang dan bahagia sekali.

“Jauh-jauh kami datang dari Padang, jadi tidak berasa capek. Karena bisa menyalurkan hobi ngebut di sirkuit NP Suwarnadwipa yang memiliki fasilitas sangat bagus. Ini sekaligus bisa mengantisipasi balap liar,” ujar pembalap dari Lotov SC Team Padang, Sumatera Barat.

“Lintasan panjang dan lebar. Jarak pengereman juga panjang, sehingga kita bisa gas pol tanpa ragu. Dan sebenarnya, kalau mau bisa dibuat drag race untuk 402 meter karena lintasan lurusnya hampir 1 km. Kami ingin ada lebih banyak lagi event di sini, ” lanjutnya.

Doni, andalan Yakuza Team Jambi memuji fasilitas lintasan di Suwarnadwipa sangat oke. “Kami bisa ngerasain ngebut dengan bebas. Apalagi hampir setahun penuh, kami tidak bisa balap karena adanya Covid. Kami haus adanya kegiatan balap,” ungkapnya.

Dua dragster tuan rumah Muara Bungo, menyampaikan terima kasih kepada pemilik sirkuit NP Suwarnadwipa yang telah menyediakan fasilitas untuk kegiatan balap mobil dan motor.

“Terima kasih kami sampaikan, karena kami warga Muara Bungo akhirnya bisa menyalurkan balapan di arena yang memadai. Meski hanya latber, tapi ini sangat mengobati kerinduan kami dengan kegiatan balap,” ungkap Iwan yang diamini Nando.

Iwan menginginkan kalau bisa diadakan latber dan event secara rutin dengan jadwal tertentu.

Obsesi H Jimmy Syamsudin, Muara Bungo Jambi jadi sentra kegiatan otomotif di Sumatera

Merespon antusias dan terima kasih dari para peserta Latber, H. Jimmy Syamsudin selaku pemilik sirkuit drag race dan drag bike NP Suwarnadwipa menyambut dengan baik.

“Jadi, kami memang telah merencanakan membuat event lokal Sumatera yang dijadwalkan Januari mendatang. Mudah-mudahan, IMI sudah bisa memberikan izin seiring dengan kondisi yang diperkirakan akan membaik karena vaksinasi,” ungkap H Jimmy.

Diterangkan oleh H Jimmy, lintasan untuk drag race dan drag bike ini merupakan jalan utama menuju  Perumahan Bungo Green City Property  Muara Bungo yang memiliki luas sekitar 1.000 hektar.

“Jadi, karena lintasan jalan milik pribadi, kami  bisa menutup untuk 2 hari kegiatan event drag race dan drag bike. Pun bisa menggelar event 402 meter karena memiliki panjang cukup memadai untuk pengereman,” terang H Jimmy.

Di kawasan perumahan Bungo Green City ini juga terdapat sirkuit permanen Suwarnadwipa Nusantara dengan panjang 7,4 km untuk event speed offroad dan sprint rally. Juga telah selesai dibangun Special Stage untk Speed Rally dengan panjang hampir 50 km. Serta sirkuit untuk balap motor.

“Ya, mudah-mudahan pandemic segera berakhir dan Muara Bungo bisa menjadi sentra otomotif di Sumatera. Kebetulan, secara geografis, letaknya berada di tengah Pulau Sumatera,” terang H Jimmy.

Amin. (wan)

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap