F1 : McLaren Harap Ricciardo Lanjutkan Kekompakan Sainz - Norris

Selasa, 22/12/2020 21:33 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tak ada rahasia antara Carlos Sainz dan Lando Norris di garasi tim McLaren. Keduanya saling terbuka. Itulah salah satu kunci sukses McLaren meraih peringkat 3 Besar konstruktor 2020.

Itu prestasi terbesar McLaren dalam 8 tahun terakhir. Kolaborasi kedua pembalapnya, terutama saat memberikan masukan kepada para insinyur tim sangat positif.

Tak punya rahasia masing-masing, apalagi sikap saling menjatuhkan seperti banyak terjadi pada pembalap satu tim. Tak ingin kalah dari rekan satu tim dengan cara menyimpan rahasia keunggulan sendiri.

"Ketika ada dialog terbuka antara rekan satu tim, itu sangat membantu mengidentifikasi titik lemah mobil dan solusinya. Ini penting karena selalu ada resiko jika memiliki pembalap yang acap berbeda pendapat," kata Direktur Teknik McLaren James Key.

Budaya kolaboratif seperti itu, katanya, adalah budaya yang dibangun dalam organisasi McLaren yang terbukti membawa perbaikan signifikan pada musim ini.

Budaya itu juga yang diharapkan teradi musim depan antara Daniel Ricciardo dengan Norris. Ricciardo pindah dari Renault ke McLaren, menggantikan Sainz yang hijrah ke tim Ferrari.

"Daniel bukanlah Carlos. Hubungannya dengan Lando akan berbeda. Tak mungkin sama. Tapi ada hubungan standar rekan setim yang sudah dibangun," tegas Key beharap Ricciardo akan mampu beradaptasi dengan hal itu.

Key yang pernah bekerja sama dengan Ricciardo saat dalam tim Toro Rosso (2012-2013) yakin pengalaman dan senioritas Ricciardo tak hanya bisa berkolaborasi dengan Norris, tapi juga bisa mengembangkan kemampuan pembalap muda McLaren itu.

Dengan demikian McLaren bisa berharap sebagai salah satu tim yang memiliki pasangan driver terkuat di grid F1.

Tahun depan McLaren akan ganti mesin dari Renault ke Mercedes. Tim memulai lagi dari baru. Budaya transparansi antara Ricciardo dan Norris, tentu sangat diharapkan Key dan jajarannya.

Bisa? (rnp)

 

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024