MotoGP: Dari Rumah Sebelah, Rossi Masih Ikut Kembangkan M1 2021

Minggu, 27/12/2020 20:51 WIB

mobilinanews (Italia) - Pindah dari tim pabrikan Yamaha ke tim satelit Petronas Yamaha, Valentino Rossi tetap dalam status dan fasilitas rider pabrikan. Karena itu The Doctor masih akan terlibat pengembangan M1 ke dan sepanjang  musim 2021.

Itu ditegaskan Managing Director Yamaha Lin Jarvis. Ia menjawab omongan Rossi beberapa waktu lalu kalau ia tak tahu apakah dilibatkan membangun motor untuk 2021 atau tidak.

Menurut Jarvis, pengalaman Rossi selama 15 tahun dengan Yamaha tak bisa diabaikan begitu saja. Ia tetap penting bagi Yamaha meski berada di tim satelit.

Bagi Jarvis, Rossi hanya pindah ke rumah sebelah dalam arti ia berada di garasi Petronas Yamaha. Tapi, segala sesuatunya masih bertautan dengan kebijakan dan pengembangan pabrikan.

"Benar bahwa peran pengembangan akan dipimpin rider pabrikan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Tapi peran Valentino tak akan berubah dari sebelumnya di Yamaha," tegas Jarvis.

Meski di satelit, Rossi akan geber M1 terbaru dengan spek sama dengan Vinales dan Quartararo. Karena itu, kata Jarvis, pasokan data dan referensi Rossi masih sangat dibutuhkan.

"Selain mereka bertiga tentu kami juga mengumpulkan data perbandingan dari motor Franky (Franco Morbidelli, dengan spek motor yang lebih tua setahun)."

"Memang ada perubahan formasi dalam tim. Tapi, itu tak akan banyak mengubah cara kami mengembangkan motor," lanjutnya.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda versi M1 mana yang diusung Yamaha ke musim 2021. Masing-masing pembalap punya aegumentasi dan keinginan sendiri. Vinales yang kecewa berat dengan M1 2020 merasa lebih baik ke 2021 dengan basis motor M1 2019. Sama dengan harapan Quartararo.

Di sisi lain Rossi menyebut tak ada alasan bagi Yamaha untuk tidak melanjutkan M1 2020 sepanjang teknisi mereka bisa mencari solusi menutup.kelemahan yang sudah diketahui. 

Dan, Morbidelli pun punya keingian berbeda. Ia lanjut dengan motor lamanya saja, yang sudah memberinya 3 kemenangan dan status runner up kejuaraan dunia 2020. 

Nah, mana yang akan digunakan Yamaha sebagai dasar pengembangan M1 2021? (rnp)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing