Mau Beli Subwoofer Aktif? Pilih yang Lengkap Koneksinya

Senin, 19/10/2015 06:26 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Aplikasi subwoofer aktif memang cara ampuh agar system car audio standar kita menjadi lebih menghibur dan menyenangkan. Kenapa begitu, karena terbukti low frekuensi atau karakter bass yang tereproduksi mampu membuat psikologis manusia menjadi bahagia dan mengeluarkan energy positif.

Namun karena di pasaran banyak sekali produk subwoofer aktif. Tidak mudah memilih mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita. Salah-salah, kita harus merogoh kocek dalam-dalam namun hasilnya tidak maksimal. Ini jelas merugikan. Dengan paduan dibawah ini , mungkin akan sedikit membantu kita dalam memilih subwoofer aktif terbaik yang sesuai kebutuhan.

Pertama adalah pilih subwoofer dengan koneksi terlengkap. Koneksi yang dimaksud adalah koneksi RCA dan hi input. RCA bisa diaplikasi pada head unit yang sudah mempunyai pre out. Ini biasanya terdapat pada head unit after market. Sedangkan hi input berfungsi ketika head unit tidak mempunyai jalur pre aout RCA. Hi input akan sangat berguna menghubungkan antara sistem car audio standar dengan subwoofer. Hi input akan terpakai pada head unit standar oem pabrikan.

Kedua adalah ukuran subwoofer. Biasanya semakin besar ukuran subwoofer aktif, maka semakin rendah reproduksi frekuensi rendahnya. Dipasaran tersedia subwoofer aktif dari 6” hingga 12” bahkan ada yang sampai 15”. Namun semakin besar diameternya, akan semakin memakan tempat pada waktu pemasangan. Kini dipasaran banyak terdapat subwoofer aktif “kolong” dengan diameter 8” yang praktis. Tidak berdiri sediri, 8” juga dibekali dengan sepasang pasif radiator, yaitu subwoofer “bayangan” yang membantu mereproduksi suara low yang dibutuhkan.

Ketiga adalah pemilihan daya power. Karena subwoofer aktif sudah termasuk power amplifier di dalamnya, maka pilih dengan daya maksimal yang “cukup”. Angka watts memang relatiftergantung kebutuhan. Jadi jangan sungkan untuk bertanya pada installer atau membaca spesifikasi sebelum membeli. Makin tinggi daya power, akan makin baik buat sistem audio.

Keempat adalah ukuran box dan design. Dua hal ini menjadi sangat penting ketika kita masih ingin ruang yang lega dan cukup untuk membawa benda lain dalam mobil terutama bagasi. Banyak dari kita akan terganggu dengan kehadiran “box subwoofer “ yang terlalu besar dalam bagasi. Oleh karena itu, pilih subwoofer aktif yang praktis dengan design yang kompak. Ini terkecuali jika anda memang tidak terlalu masalah dengan ukuran, pilih box dengan dengan design tabung atau enclosure yang banyak di pasaran.

So, happy hunting…

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang