F1 2021: Awas, Ferrari Datang Dengan Tambahan Power 30 HP!

Minggu, 03/01/2021 19:30 WIB

mobilinanews (Italia) - Musim ini line up pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, jadi salah satu duet terbaik di grid F1. Tapi, jelas tak ada artinya jika mereka tak dibekali mobil kompetitif. 

Hasil minor musim 2020 dengan SF1000 benar-benar bikin pamor The Prancing Horse ambruk. Jangankan lawan Mercedea dan Red Bull, bertarung di level tengah pun ngos-ngosan.

Team Principal Mattia Binotto yang jadi bulan-bulanan untuk disalahkan. Karena itu Binotto segera berbenah dengan menyiapkan SF21 dengan banyak perubahan penting meski tak besar-besaran sesuai aturan FIA untuk menghemat dana akibat pandemi Covid-19.

Selain sasis, aero kit, dan suspensi untuk meringankan kerja ban, perubahan signifikan pada SF21 adalah pengembangan mesin. Mesin tahun ini disebut akan lebih besar 30 HP dari tahun lalu.

Tipikalnya mirip dengan mesin 2019 yang membuat Leclerc sukses melakoni debutnya di Ferrari dengan 10 podium,  2 diantaranya adalah kemenangan.

"Pada tes musim dingin nanti kami akan mendapatkan indikasi perdana akan performa SF21," kata Binotto.

Binotto menyebut tak bernafsu menyaingi Mercedes di musim 2021 dan lebih tertarik menyongsong musim 2022 saat regulasi teknis berubah besar-besaran.

Itu rencana strategis karena memang nyaris tak mungkin melawan Mercedes yang jumawa sejak era hybrid menggelinding pada 2014.

Namun dengan SF21 yang teorinya akan lebih mumpuni di trek lurus, maka target duet Leclerc dan Sainz adalah pertarungan di 3 Besar kejuaraan konstruktor. Lawannya adalah Red Bull dan McLaren yang diprediksi akan membaik dengan mesin baru Mercedes.

"Prioritas adalah konsistensi Charles dan Carlos mengoleksi poin. Tiga besar konstruktor menjadi target, syukur kalau bisa jadi runner up," harap Binotto. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag