Tanya Auto2000: Apa Itu TRD dan TRD Sportivo di Belakang Toyota?

Selasa, 05/01/2021 23:36 WIB

mobilinanews (Jakarta) - AutoFamily tentu banyak yang sudah paham atau setidaknya mengenal istilah TRD atau TRD Sportivo yang menyatu dengan mobil-mobil produk Toyota. 

Tapi, bisa jadi, banyak pula yang belum paham perbedaan istilah itu, dan apa pula bedanya dengan produk standarnya. 

Tak ada logo TRD pada mobil selain Toyota karena itu adalah singkatan Toyota Racing Development, yakni divisi khusus Toyota di Jepang untuk mengembangkan berbagai part atau komponen di ajang motorsport.

Dalam perkembangannya divisi ini kemudian memproduksi dan memasarkan racing kit tertentu buat para entusiast motorsport namun untuk penggunaan di luar sirkuit.

Itu untuk mobil harian yang tongkrongannya beda dan performanyanya meningkat dari standar atau dimodifikasi. Baik dari aspek speed, braking maupun cornering. 

Belakangan muncul lagi istilah TRD Sportivo. Yang ini pendekatannya bukan pada hal-hal teknis menyangkut performa, tapi lebih pada penampilan fisik. Bukan lagi racing kit, tapi semua komponen, fitur atau sentuhan bodi yang membuat penampilan mobil lebih sportif, sporty (Inggris), sportivo (Italia). 

Singkatnya TRD mengacu pada peningkatan performa teknis mobil, sedangkan Sportivo mengacu pada penampilannya. 

Untuk memudahkan pengetahuan itu ada baiknya AutoFamily langsung buka seri video Auto2000id di kanal Youtube.

Sebab, salah satu sasaran program video berseri itu adalah sebagai ajang edukasi untuk memahami seluruh aspek dalam mobil Toyota, hingga pada detil terkecil.

Dalam salah satu episodenya, AutoFamily bisa temukan video yang membahas bedanya Toyota Rush 2020 type G dengan versi TRD Sportivo. Jika dicermati detilnya maka ada 14 titik perbedaan.

Apa sajakah itu?

Karena kalau ditulis di sini akan sangat panjang, maka yang paling baik adalah melihat tayangannya dan secara visual akan dijelaskan oleh Herry Darma sebagai host. Karena ia adalah Kepala Cabang Auto2000 Daan Mogot, Jakarta Barat, maka ulasannya pastilah tuntas dan memuaskan. 

Dari pemaparan itu AutoFamily akan paham atau semakin paham bukan saja bedanya Toyota Rush type G dengan TRD Sportivo tapi juga pemahaman umum terhadap label TRD Sportivo pada sejumlah type kendaraan Toyota lainnya.

Nah, bagi AutoFamily yang sudah membukanya please jangan lupa like, comment dan subscribe video youtubenya.

Agar bro Herry Darma juga makin bersemangat me-review mobil-mobil Toyota berikutnya. (wan)

 


 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda