Duh, Kombes Ipung Purnomo Yang Doyan Touring Moge Jadi Korban Keganasan Covid-19!

Kamis, 07/01/2021 19:19 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Innalillahi waina ilaihi rojiun. Keganasan virus Covid-19 kembali menelan korban. Kali ini, Kombes Pol (Purn.) Ipung Purnomo SIP menghembuskan nafas terakhir di RS Polri Kramarjati, Jakarta Timur, Kamis (7/1/2021) sekira pukul 17.10 WIB.

Pak Ipung yang pernah menjabat sebagai Dirlantas Polda Metro Jaya (PMJ) dan terakhir sebagai Ketua Komisi Keselamatan Berkendara IMI Pusat pada periode Ketum IMI Sadikin Aksa lalu, meninggal setelah sehari sebelumnya dibawa keluarganya ke ICU Cendrawasih dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Disebutkan oleh Ibu Nur sang istri, Pak Ipung dibawa ke rumah sakit karena terpapar virus Corona. Dan, karena hampir semua rumah sakit rujukan Covid di Jakarta penuh, beliau sebagai mantan perwira menengah polisi dibawa RS Polri Kramatjati.

Padahal sebelumnya, mobilinanews.com sempat bertemu dengan Pak Ipung saat berlangsung Munas IMI di Makassar, Sulawesi Selatan, 20 Desember 2020 lalu.

Saat itu sempat ngobrol dan bertanya terkait Pak Ipung yang masih menjalankan hobinya touring hingga keluar kota dan kulineran daerah setempat yang suka beliau posting di media sosial.

"Nggak apa-apa, mas. Yang penting selalu menjaga jarak dan memakai masker," ungkap Pak Ipung saat itu.

Pak Ipung merupakan figur yang sangat hobi melakukan touring motor, baik di dalam maupun luar negeri.

Untuk menghilangkan rasa jenuh, begitu Kombes Ipung menyebutkan memilih  melakukan hobinya touring motor di sela-sela waktu senggangnya.

Tunggangan andalannya adalah BMW 1200 GS Adventure lansiran 2013.

"Motor ini biasanya saya pakai refreshing pada akhir minggu. Rutenya sih kalau riding dalam kota biasanya ke Pantai Mutiara, Kelapa Gading, atau spot-spot lain yang banyak makanan di pinggir jalan buat nyari sarapan. Tidak perlu mewah-mewah kok, bubur pinggir jalan pun cukup untuk saya, yang penting bisa ngumpul bareng teman sesama pengendara motor," ungkap pria kelahiran Jakarta, 28 Agustus 1958 ini.

Pak Ipung paling pantang menolak kalau ada teman dan komunitasnya mengajak touring.

"Kalau ada ajakan dari komunitas untuk touring ke luar kota atau keperluan dinas, saya selalu memenuhinya dan pantang menolak hehe," senyum Pak Ipung.

Tak hanya di Indonesia, hobi Pak Ipung yang juga seorang instruktur safety riding juga ke luar negeri. Bahkan separoh lebih negara di dunia pernah dikunjungi untuk touring.

Pada 2017, Pak Ipung Purnomo menyelesaikan petualangannya menaklukkan daratan Eropa dengan motor gede BMW RT 1200.

“Saya mulai perjalanan touring dari kota Amsterdam, Belanda menuju Hamburg, Jerman. Setelah itu, lanjut menuju kota Kiel terus naik kapal ferry ke Norwegia. Perjalanan naik ferry ditempuh selama 20 jam,” ujar Ipung saat sampai ke Indonesia.

Sampai di Norwegia, tutur Biro Lalu Lintas IMI Pusat ini menginap semalam. Kemudian besoknya melanjutkan perjalanan menuju Helsinki (Finlandia), lanjut menuju Stockholm, Swedia.

Setelah itu, lanjut menuju kota Tallin menggunakan kapal ferry lagi ditempuh dalam 18 jam.

Dari Tallin Estonia menuju Riga di Latvia, lanjut menuju Lithuania. Melipir wilayah Rusia dan menjamah wilayah negara Republik Ceko. Lalu finish di Warsawa, ibukota Polandia.

“Total perjalanan ditempuh selama 10 hari dengan total jarak 3.800 km,” terang Ipung yang usianya telah menginjak 62  tahun namun tetap fit karena memang rajin berolahraga dan hobi touring moge.

Bahkan ketika komunikasi dengan mobilinanews ini, Ipung tengah melakukan turing ke Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah.

“Sebelumnya, saya pernah melakukan touring ke Hawai, Los Angeles, Italia, Austria, Monte Carlo, Perancis, Swiss, Belgia dan Jerman,” pungkas Ipung.

Selamat beristirahat ya, Pak Ipung. Semoga husnul khotimah. Amin. (budsan)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda