Setelah Tsunoda, Ini Satu Lagi Pembalap Binaan Honda Masuk Red Bull

Kamis, 14/01/2021 09:35 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tahun ini grid F1 kembali diisi pembalap Jepang setelah kosong sejak 2008. Yuki Tsunoda, peringkat 3 F2 2020 sekaligus rookie of the year, akan memperkuat tim AlphaTauri mulai 2021. Setelah Tsunoda, ternyata Honda dan Red Bull sudah siapkan pelapisnya.

Keberadaan pembalap Jepang di lintasan F1 memang selalu menark. Tak lain karena peran Jepang dalam percaturan industri otomotif dunia, dan yang tak kalah penting adalah militansi driver Jepang yang selalu menonjol.

Agresif dan tak kenal kata menyerah. Itu ditunjukkan Tsunoda meski pendatang baru di F2 dan langsung masuk 3 Besar.

Diam-diam ternyata Honda sudah siapkan pelapis Tsunoda. Ia adalah Ayumu Iwasa, 19 tahun, yang baru saja juara F4 Prancis meski baru setahun di Eropa. Setelah menjadi runner up Super-FJ Suzuka Series pada 2019, Iwasa langsung dikirim ke Eropa seperti halnya Tsunoda.

Prestasi di Prancis membawa Iwasa kini masuk program akademi Red Bull di bawah kendali langsung Helmut Marko. Ia kini dalam status pembalap junior Red Bull dan tinggal menunggu waktunya ke ajang F1 seperti Tsunoda. 

Kekecualian untuk musim 2021 dimana Sergio Perez yang dipilih mendampingi Max Verstappen di tim utama, selama ini Red Bull mengambil pembalapnya dari akademi sendiri. Sebelum tiba di tim utama mereka bosanya dimainkan lebih dulu dengan tim kedua, AlphaTauri.

Iwasa menjadi daya tarik para pemandu bakat Eropa berkat penampilan apiknya di F4 Prancis tahun lalu. Itu kompetisi perdananya di Eropa tapi langsung memperlihatkan bakat, skill, dan semangat `Samurai` yang tak kenal kata menyerah.

Dalam 21 race, ia naik podium 15 kali dengan 9 di antaranya sebagai juara plus 6 pole position. Istimewa buat seorang rookie!

Di bawah binaan langsung Helmut Marko yang berpengaruh besar dalam tim Red Bull Racing, masa depan Iwasa sepertinya bakal cemerlang.

Jika suatu saat nanti Tsunoda naik ke tim utama Red Bull, bisa jadi itulah saatnya ia promosi ke F1. Membuat dua driver Jepang berada di grid F1 dengan segenap daya tariknya, seperti diperlihatkan Takuma Sato pada awal tahun 2000-an.

Untuk musim 2021 belum ada keputusan apakah Iwasa lanjut di F4 Prancis atau hijrah ke kompetisi balap formula lainnya. 

Jelas, apapun pilihannya, itu pasti pada jalur menuju F1. (rnp)

 

 

 

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar