Dikontrak H Putra 969 Racing Team Rp 3 Miliar, Ini Nilai Jual Rafid Topan Sucipto

Kamis, 14/01/2021 10:09 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Di tengah ekonomi sulit, karena masih berlangsung wabah pandemi Covid-19, salah satu pembalap motor senior baru saja menandatangani kontrak senilai Rp 3 miliar.

Ya, Rafid Topan Sucipto (26 tahun) direkrut tim H Putra 969 untuk durasi 3 tahun dengan nilai kontrak yang wow tersebut.

Penandatanganan dilakukan pada Rabu (13/1/2021) kemarin di Jakarta antara Rafid Topan dengan H.Putra Rizky selaku pemilik tim H Putra 969. Rafid Topan didampingi Rudy TJM dan manajer Adhe Taruna.

Dalam kesempatan itu, sekaligus dilakukan pembayaran 50% dari total nilai kontrak Rp 3 miliar.

Rafid Topan akan turun berlomba di kejurnas balap motor bebek (Oneprix), Kejurnas Motorsport IMS serta Asia Road Racing Championship.

"Iya, saya berkewajiban ikut balap di Indonesia dan Asia. Targetnya, persembahkan yang terbaik untuk tim H Putra 969 dan Indonesia," ujar Rafid Topan kepada mobilinanews.

Nilai kontrak yang kalau dihitung per tahun dengan Rp 1 miliar merupakan rekor baru untuk pembalap motor Indonesia.

Rekor sebelumnya dipegang pembalap Hokky Krisdianto yang dikontrak tim Honda Tunas Jaya sebesar Rp 650 juta tahun 2012.

Lalu apa saja nilai plus Rafid Topan sehingga H Putra Rizky bersedia menggelontorkan hingga Rp 3 miliar dari kantongnya?

"Yang pasti, saya dianggap pembalap berprestasi, punya pengalaman, pernah balap di Moto2 dan juara di ARRC (Asia Road Racing Championship). Tahun 2019, saya 3 kali juara seri di Oneprix," buka Rafid Topan yang langsung memakai uang kontrak yang baru diterima dari H Putra untuk membeli tanah seluas 3 ribu meter di kawasan Hambalang, Bogor untuk investasi.

Rafid pertama melakoni debut di kelas Moto2 pada MotoGP Valencia 2012.

Rafid Topan kemudian dikontrak QMMF Racing Team untuk tampil penuh pada musim 2013 bersama Anthony West. Prestasi terbaik Rafid Topan finish posisi ke-20 pada balapan GP Australia.

Kemudian pada 2018, Rafid Topan mendapat kesempatan tampil kembali di kelas Moto2 setelah ditunjuk Forward Racing sebagai pengganti Stefano Manzi yang mengalami cedera di GP Australia. (bs)

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024