WRC 2021: Arctic Rally di Finlandia Gantikan Seri Swedia, Tetap di Jalur Salju

Sabtu, 16/01/2021 21:08 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Kala Rally Swedia 2021 diumumkan batal digelar, komunitas reli dunia kecewa karena satu-satunya seri WRC yang dimainkan di lintasan salju. Kini Arctic datang sebagai pengganti, membuat Finlandia tahun ini 2 kali jadi tuan rumah WRC.

Ini kali pertama Rally Arctic masuk serial WRC (World Rally Championship). Digelar di wilayah Rovaniemi, Finlandia, diprediksi bahkan bisa lebih menantang dari Rally Swedia.

Pasalnya, cuaca pada wilayah yang berada di lingkaran Arctic itu bisa mencapai minus 30 derajat celcius pada Februari. Area ini juga salah satu tujuan wisata musim dingin yang terkenal di Eropa.

Eventnya sendiri berlangsung 26-28 Februari 2021. Terdiri dari 10 SS (Special Stage) dengan jarak tempuh SS hanya 260 km. Fans dalam jumlah terbatas diperkenankan menonton tapi dengan protokol kesehatan super ketat terkait pandemi Covid-19. Peraturan sama berlaku buat pereli, kru dan seluruh panitia.

Promotor WRC Jona Siebel mengaku kagum dengan kinerja promotor lokal AKK Sports yang bisa `memimdahkan` Rally Swedia ke Finlandia dalam waktu singkat.

"Sejak pembatalan Swedia pada Desember lalu kami bersama AKK, pemerintah kota Rovaniemi dan tokoh reli bekerja keras untuk mewujudkan event ini. Kami berpacu dengan waktu," kata Siebal.

Rasa kagum juga dilayangkan Direktur Rally FIA Yves Matton. Ia janjikan dukungan penuh FIA buat AKK Sport agar event perdana itu meraih sukses besar.

"Ketika Rally Swedia dibatalkan pada Desember, semua tertekan. Tapi, apa yang terjadi saat ini membuktikan sebuah tantangan bisa menjadi sebuah peluang. Itu dibuktikan AKK Sport," lanjutnya.

Seri regular Rally Finlandia yang terkenal dengan sebutan Reli 1000 Danau itu sendiri akan berlangsung pada 29 Juli -1 Agustus 2021. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag