WRC 2021 Monte Carlo : Toyota Borong 5 SS, Tanak Diturunkan Dari Puncak Klasemen

Jum'at, 22/01/2021 22:55 WIB

mobilinanews (Monaco) - Lima Special Stage (SS) digelar sepanjang Jumat, 22 Januari 2021 di pegunungan sekitar Monte Carlo. Semua SS, dari 3 hingga 7, dimenangkan para joki Toyota Gazoo Racing. Empat dimenangkan Sebastien Ogier. Ott Tanak (Hyundai) pun tergusur dari tampuk pemimpin sementara.

Terpuruk di hari pertama karena masalah pengereman, hari ini Ogier memulai lomba dengan memenangi tiga SS beruntun - 3, 4 dan 5. Pada SS7, ia kembali tercepat. Hanya SS6 yang luput dan lari kepada rekan setimnya, Elfyn Evans.

"Kami memang harus bereaksi dari penampilan buruk kemarin. Hari ini faktor rem sangat membantu," kata Ogier yang kemarin tertinggal 16,9 detik dari Tanak yang memenangi dua SS awal.

Tanak sendiri mengaku tampil di bawah form pada hari ini. Ia merasa tenaga Hyundai i20 WRC-nya kurang saat bermanuver di hairpin. Akibatnya kini turun ke peringkat 3 sementara di bawah dua joki Toyota.

Pemimpin sementara bukan Ogier meski menangi 4 SS karena selisih waktu yang tajam sehari sebelumnya. Yang sementara ini memimpin justru Evans meski hanya sekali tercepat di SS.

Sebabnya, kemarin ia tampil lebih baik dari Ogier. Kini Evans memimpin sementara dengan total waktu 1 jam 33 menit 57,5 detik. Unggul 7, 4 detik dari Ogier yang kini naik peringkat 2. 

Tanak turun ke urutan 3 dengan selisih waktu yang mencolok, yakni 25,3 detik dari Evans.

Pereli muda Toyota kalle Rovanpera yang kemarin urutan 2 kini melengkapi sukses Toyota di grup 4 Besar. Pereli 20 tahun itu berhasil mengungguli dua driver senior Hyundai, Thierry Neuville dan Dani Sordo. Padahal Rovanpera sudah kena penalti 10 detik karena terlambat datang di pos start SS4.

Sabtu (23-1-2021) pertarungan antara Toyota dan Hyundai berlanjut hanya dalam 3 SS (9, 10 dan 11) karena SS8 dibatalkan demi mempersingkat waktu terkait Covid-19.  (rnp)

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda