Gading Marten, Pengoleksi "Motuba" Toyota Great Corolla

Minggu, 24/01/2021 04:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Belakangan ini tren modifikasi “Motuba” alias Mobil Tua Bangka jamak digemari para petrolhead lintas generasi.

Umumnya mobil yang masuk dalam golongan Motuba rata-rata berusia lebih dari 10 tahun, tapi eksistensinya tak lekang oleh zaman.

Apalagi saat kondisi Pandemi saat ini, para modifikator banyak beraktifitas di rumah untuk menelusuri kembali tren modifikasi jadul.

Meski tidak menjamin kondisi motuba tersebut selalu prima, biasanya para pemilik tidak langsung puas terhadap koleksi atau sekedar hobi ngoprek. Selain ketersediaan spare parts terbatas, padu padanan gaya modifikasi juga digeluti.

Bukan hanya para kolektor, tapi beberapa artis berikut juga gemar menyalurkan hobi bermain Motuba.

Di garasi rumahnya, artis Gading Marten yang identik dengan koleksi mobil ini sudah menyalurkan hobi otomotif sejak SMA. Selain mengoleksi Jeep Wrangler, BMW M3, Mercy S350, hingga deretan moge Harley Davidson, belakangan Gading juga mengoleksi motuba.

Salah satunya Toyota Great Corolla 1.6 SEG lansiran 1994. Gading Marten yang akrab di ranah hiburan Tanah Air ini awalnya membeli “Greco” berkelir hitam.

Gading memaparkan soal mobil motuba miliknya. Ubahannya dimulai dari substitusi komponen interior seperti jok dan setir kemudi menggunakan Recaro, shift knob TRD dan velg TRD.

Tampilannya OEMnya masih mengukuhkan tren 90’an. Kabarnya Gading mendapat kendaraan ini dengan kilometer rendah, sekitar 70.000 saja.

Dalam beberapa keterangan-nya, Gading mengaku Greco 1994 amat berkesan. Di masa itu, ia pernah memiliki mobil yang sama dengan tampilan kelir silver milik ayahnya, Roy Marten.

Oleh karena itu, Greco 1994 miliknya ini menjadi obat nostalgia ke kenangan masa lalu. Tak cukup di situ, Gading juga memiliki Toyota Starlet 1990, Honda Estillo yang semua memiliki kualitas di atas rata-rata. (hilary)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh