F1 2021: Tes 5 Hari di Fiorano, Ferrari Kerahkan 7 Pembalap

Sabtu, 23/01/2021 23:36 WIB

mobilinanews (Italia) - Punya sirkuit sendiri, Ferrari bisa suka-suka bikin jadwal latihan. Minggu depan tim Italia ini menghelat sesi tes khusus di Fiarano. Itu trek pribadi yang bersebelahan dengan markas tim di Maranello.

Tak tanggung-tanggung, Ferrari akan menguji 7 pembalap mereka secara bergantian. Buat beberapa pembalap ini jadi pengalaman perdana menggeber Si Merah, termasuk Carlos Sainz Jr yang baru musim ini masuk tim sebagai pendamping Charles Leclerc.

Sesuai regulasi yang hanya membolehkan tes dengan mobil yang lebih tua 2 tahun dari seri mobil terakhir, maka seluruh driver akan dibekali Ferrari SF71H 2018 pada tes ini.

Mobil besutan duet Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen itu menjadi runner up kejuaraan konstruktor 2018 di bawah Mercedes dan sukses meraih 6 kemenangan. 

Tiga parajurit muda Ferrari akan mengawali sesi tes pada Senin depan. Mereka adalah Giulano Alesi (putra mantan pembalap Ferrari Jean Alesi), Marcus Armstrong dan Robert Shwartzman.

Bagi Alesi dan Armstrong, itu akan jadi kali pertama berada di kokpit mobil F1. Sedangkan Shwarztman sebelumnya sudah pernah ikut tes Ferrari jelang musim 2020.

Selasa menjadi hari khusus buat Leclerc yang saat itu sudah akan bebas dari kewajiban isolasi mandiri usai positif Covid-19 pekan lalu. Sepanjang hari itu Leclerc latihan di atas SF71H.

Selanjutnya pada Rabu, giliran Sainz yang mengaspal. Juga sendirian. Ini akan jadi debut pembalap Spanyol itu di atas mobil formula made in Italia.

Ini semacam pemanasan buat putra legenda reli dunia Carlos Sainz itu. Pada winter test Maret mendatang barulah ia boleh menguji mobil teranyar Ferrari, SF21 yang dipakai berkompetisi musim 2021.

Sainz masih akan latihan pada Kamis pagi untuk menambah jam terbangnya. Sesi sore pada hari itu akan diisi bintang muda Ferrari, Mick Schumacher, juara dunia F2 2020 yang tahun ini dititipkan di tim Haas F1. Putra Michael Schumacher itu sudah berulangkali ikut tes Ferrari.

Hari terakhir pada Jumat, sesi sepenuhnya jadi milik Callum Ilott, runner up F2 2020 di bawah Mick Schumacher.

Ilott tahun ini dipercaya sebagai test driver Ferrari sembari menunggu giliran manggung permanen di grid F1. 

Tes pra musim 2021 berlangsung 12 Maret 2021 di Bahrain. Saat itu yang membesut SF21 hanya Leclerc dan Sainz. Sementara Schumacher menggeber mobil tim Haas yang juga bermesin Ferrari. (rnp)

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag