Polda Jabar Segera Terapkan E-Tilang, Kota Bandung dan Cirebon Jadi Percontohan!

Senin, 01/02/2021 17:20 WIB

mobilinanews (Bandung) - Sistem tilang elektronik yang menjadi program pencapaian dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mulai dijalankan oleh setiap Ditlantas Polda di seluruh Indonesia.

Pengadakan alat untuk E-Tilang ini juga semakin digencarkan, agar penerapan sistem elektronik ini bisa cepat dilaksanakan di Indonesia.

Sebagai jawabannya, Polda Jawa Barat pun menindaklanjuti program Kapolri baru dengan mempersiapkan sejumlah sarana dan prasarana.

Di samping itu, Polda Jabar juga tengah menyiapkan sejumlah personel untuk dilatih mengaplikasikan ETLE.

“Software dan perangkat kerasnya sedang disiapkan. Termasuk pelatihan anggota. Di beberapa daerah infrastrukturnya sudah siap,” ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Eddy Djunaedi, Senin (1/2/2021) hari ini.

Dirlantas menjelaskan pelaksanaan ETLE ini memang tidak akan serentak diberlakukan di seluruh daerah di Jabar. Menurutnya, kemungkinan akan diberlakukan di 2 daerah terlebih dahulu yakni Kota Bandung dan Cirebon.

“Di kedua kota tersebut, sejumlah ruas jalan telah dilengkapi CCTV. Karena belum semua ruas jalan dipasang infrastrukturnya, jadi untuk beberapa ruas jalan dulu. Ke depan akan terus dikembangkan,” tambah Kombes Eddy Djunaedi.

Dirlantas Jabar itu mengatakan pihaknya tengah memfinalisasikan sejumlah sarana dan prasarana untuk penerapan ETLE ini. Dan dalam waktu dekat akan segera diberlakukan. 

“Saat ini masih progres. Semoga sebulan lagi sudah selesai dan bisa dilaunching,” tegas Kombes Eddy Djunaedi. (hf)

TERKINI
Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia International Series 2024, Benny Santoso : Alhamdulillah Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9