Wuih, Bandung Akan Punya Tol Dalam Kota, Ini 2 Opsi Jalurnya!

Jum'at, 05/02/2021 01:35 WIB

mobilinanews (Bandung) - Setelah sekian lama diidentikkan dengan kemacetan, Pemerintah Kota Bandung akhirnya akan segera memiliki tol dalam kota. Tentu untuk mengurangi laju kemacetan tersebut.

Pemkot Bandung kini tengah menyiapkan pembangunan proyek tol dalam kota atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR). 

Proyek tersebut masih dalam pembahasan dengan Kementerian PUPR dan memiliki dua opsi jalur pembangunan.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menjelaskan dua opsi pembangunan tol itu terletak di titik kawasan Ujungberung, Kota Bandung.

Menurut Walikota Bandung, opsi tersebut di antaranya menghubungkan jalan tol dalam kota dengan Tol Purbaleunyi atau langsung dengan Tol Cisumdawu.

"Insya Allah BIUTR sampai ke Ujungberung lalu belok kanan (ke arah Gedebage Tol Purbaleunyi), tapi ada opsi juga jadi tidak belok kanan," kata Oded M Danial di Bandung, Kamis (4/2/2021).

Proyek jalan tol dalam kota Bandung memang sudah menjadi gagasan sejak lama, namun hingga kini belum terealisasi. 

Adapun BIUTR sendiri merupakan jalur jalan tol dalam kota yang terletak sepanjang lingkar utara Kota Bandung. 

Jalan tol itu dalam rancangannya menghubungkan jalan tol dari Tol Pasteur, lalu menyusuri kawasan Pasupati, Gasibu, Ujungberung, hingga ke Tol Cileunyi.

Pemkot Bandung berperan sebagai perangkat wilayah administrasi di Kota Bandung untuk mengurus masalah perizinan dan hal lainnya.

"Anggarannya dari Pemerintah Pusat, apakah nanti bentuknya KBPU atau yang lain, itu urusan Pusat," ujar Oded M Danial seperti dilansir Antara.

Dengan wacana dibangunnya BIUTR itu, ia berharap bisa mengurangi kemacetan di Kota Bandung dan lalu lintas tetap lancar. (wan)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda