WRC 2021: Memburu Sebastien Ogier, Saatnya Thierry Neuville Ubah Perak Jadi Emas

Minggu, 07/02/2021 20:10 WIB

mobilinanews (Belgia) - Selama ini kelas Thierry Neuville (Belgia/Hyundai) hanya peraih medali perak di ajang reli WRC. Sudah 5 kali mencapai posisi runner up. Musim 2021 saatnya mengubah perak jadi emas.

Seperti musim sebelumnya, tahun ini pun Neuville berjuang meraih gelar juara dunia. Peluangnya di dalam kokpit Hyindai i20 Coupe WRC jelas terbuka karena mobil itu ia yakini kompetitif melawan rival. Semua persyaratan menjadi juara dunia sudah ia miliki.

"Dukungan tim dan mobil sangat memungkinkan raih gelar. Gelar yang saya perjuangkan beberapa tahun terakhir. Sekarang terwujud tidaknya bergantung kepada saya sendiri," katanya.

Motivasinya juga tinggi terkait dengan keberadaan juara dunia 7 kali Sebastien Ogier (Prancis/Toyota). Setelah meraih gelar 2020, Ogier memutuskan tak jadi pensiun. Ia ingin tampil setahun lagi dan pensiun pada akhir 2021.

Artinya itu juga kesempatan terkhir buat Neuville menjadi juara dunia dengan mengalahkan Ogier. Secara pribadi, katanya, meraih gelar lewat pertrungan dengan Ogier lebih bermartabat dibandingkan meraih gelar tanpa keberadaannya.

"Saya ingin juara saat Ogier masih berada dalam kejuaraan ini.  Sangat penting bagi saya mengalahkan salah satu pereli terbaik dunia. Saya senang ia tak jadi pensiun. Ini tantangan sekaligus kesempatan. Jika ia sudah pergi akan beda nilainya. Banyak pereli bagus, tapi buat saya pribadi jauh lebih bernilai jika juara saat ia masih di sini."

Serial WRC 2021 baru berlangsung satu putaran di Monte Carlo, di mana Neuville meraih podium ke-3 di bawah Ogier dan pereli Toyota lainnya, Elfyn Evans. Ia baru mengoleksi 17 poin, tertinggal sementara 13 angka dari Ogier.

Tapi, kesempatannya masih panjang. Apalagi salah satu seri yang baru masuk kalender WRC adalah GP Belgia dengan trek yang sangat ia kuasai.

Seri kedua WRC 2021 berlangsung di Arctic Rally, Finlandia, pada 26-28 Februari ini sebagai pengganti Rally Swedia yang batal karena Covid-19. 

Untuk menyongsong reli di atas salju itu, Neuville bersama rekan setimnya Ott Tanak (Estonia) akan melakukan pemanasan di Otepaa Rally, Estonia, pada 13 Februari.

Ini reli musim dingin yang sangat tepat menuju Arctic Rally, arena di mana Neuville harus merapatkan jarak dengan Ogier dalam rangka perburuan gelar. (rnp)

 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok