MotoGP 2021: Indonesia dan Argentina Sama-Sama Kejar Target Jadi Penyelenggara

Senin, 08/02/2021 21:07 WIB

mobilinanews (Argentina) - Kebakaran yang meludeskan pit building Sirkuit Termas Rio de Hondo membuat GP Argentina kembali terancam. Pengelola harus kerja keras 8 bulan membangun ulang gedung dan semua fasilitas standarnya. 

Seluruh garasi hangus. Begitu pun ruang di lantai atasnya dengan fasilitas press room, ruang siar televisi, race control dengan seluruh perlengkapannya dn ruang VIP juga hancur-hancuran. Hanya museum, menara kontrol dan klinik kesehatan yang rusak ringan. Tapi, secara keseluruhan gedung harus dibangun ulang karena sekitar 80% rusak parah.

"Kami harus sesegera mungkin membangun lagi semuanya, bagaimanapun caranya. Agar kalender balap yang direncanakan bisa digelar, termasuk MotoGP pada November," kata Direktur Sirkuit Hector Farina.

Tentu ia belum tahu pasti kapan persisnya pembangunan bisa dimulai karena duit asuransi juga butuh proses investigasi sebelum dicairkan. Sampai saat ini belum diketahui dari mana asal api pada Jumat malam itu. Ada dugaan asal api akibat pengerjaan pengelasan, namun ini pun harus dibuktikan lebih dulu. Terutama untuk mengetahui apa yang harus dilas menjelang tengah malam itu.

Sebenarnya jatah Argentina untuk musim 2021 jatuh pada 11 April. Tapi, ditunda ke November karena alasan Covid-19 di negara itu. Bersama seri AS di Texas, Argentina menunggu jadwal di November. Sejauh ini baru GP Valencia yang sudah teregister dalam kalender terbaru MotoGP 2021.

GP Indonesia di Sirkuit Mandalika juga tengah  mengebut pengerjaan pembangunan sirkuit plus seluruh sarana pendukungnya. Indonesia ditempatkan sebagai seri cadangan. Dorna sendiri masih kesulitan menemukan slot waktu yang pas buat Indonesia kalaupun nantinya sirkuit selesai dan mendapat homologasi dari FIM.

Mencermati progres pembangunan saat ini, jadwal aman memang di November karena baru seri Valencia yang ada di bulan itu, 14 November. Berarti akhir pekan yang tersisa adalah tanggal 7, 21, dan 28. Tiga-tiganya tak mungkin diberikan ke Indonesia. Slot tanggal 7 sangat rawan ditolak tim peserta karena itu berarti lima seri beruntun berlangsung sejak Oktober. Semua akhir pekan sudah terisi. Mulai dari GP Jepang (3 Oktober), GP Thailand (10 Oktober), GP Australia (24 Oktober), dan GP Malaysia (31 Oktober). Apa iya mungkin GP Indonesia diselipkan pada 17 Oktober?

Dari kalender yang sudah disusun Dorna Sports, mustahil juga menggelar GP Indonesia pada akhir November, terpisah dari seri Asia lainnya. Itu menyangkut logistik yang biayanya juga bejibun.

Slot yang masih kosong tersedia di akhir September, menjelang GP Jepang di awal Oktober. Pertanyaannya itu tadi, bersediakah tim berlama-lama di Asia-Australia untuk lima race beruntun? Pertanyaan lain, sudah siapkah Mandalika untuk seri September?

Pada akhirnya kini nasib Indonesia dan Argentina sama saja, menanti dalam sebuah ketidakpastian. (rnp)

PROVISIONAL 2021 MOTOGP CALENDAR – JANUARY UPDATE

ROUND

DATE

RACE

CIRCUIT

1

28 March

Qatar (Evening race)

Losail

2

4 April

Doha (Evening race)

Losail

3

18 April

Portugal

Portimao

4

2 May

Spain

Jerez

5

16 May

France

Le Mans

6

30 May

Italy

Mugello

7

6 June

Catalunya

Barcelona

8

20 June

Germany

Sachsenring

9

27 June

Netherlands

Assen

10

11 July

Finland (Subject to homologation)

KymiRing

11

15 August

Austria

Red Bull Ring

12

29 August

Great Britain

Silverstone

13

12 September

Aragon

Aragon

14

19 September

San Marino e Della Riviera di Rimini

Misano

15

3 October

Japan

Motegi

16

10 October

Thailand

Buriram

17

24 October

Australia

Phillip Island

18

31 October

Malaysia

Sepang

19

14 November

Comunitat Valenciana

Ricardo Tormo

Postponed Grands Prix:
  11 April Argentina Termas
  18 April Americas COTA
Reserve Grand Prix Venues:
    Indonesia (Subject to homologation) Mandalika
    Russia Igora Drive
2021 Pre-season Testing:
  5 March Qatar Shakedown Test Losail
  6-7 March Qatar Official Test Losail
  10-12 March Qatar Official Test Losail

Sumber: crash.net

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag