Serius Siapkan Model Mobil Listrik, KIA Siap Bertarung Dengan Produsen Pioner

Selasa, 09/02/2021 20:53 WIB

mobilinanews (Seoul) - KIA tampak serius dengan segmen mobil listrik untuk masa depan. Produsen asal Korea Selatan ini sudah menyiapkan beberapa model yang akan diluncurkan. Siap mengancam kompetitor?

Diberitakan Carbuzz, mobil listrik KIA ini diposisikan cukup serius dengan yang sudah lebih dulu meluncurkan mobil listrik di dunia, termasuk Tesla.

KIA memang sudah memiliki beberapa model untuk segmen mobil listrik. Namun salah satu model yang dipersiapkan adalah CV, yang bakal diposisikan sebagai kasta tertinggi.

KIA CV akan menggunakan baterai berkekuatan 800 volt, sama dengan baterai yang digunakan Porsche Taycan.

Berbekal kapasitas baterai yang besar tersebut, KIA CV diklaim mampu menempuh jarak 310 mil. Meski kapasitas baterai besar tapi untuk pengecasannya terbilang cepat karena mampu mengisi 20-80% dalam 20 menit.

Fitur ini dikarenakan adanya pengisian cepat dengan kekuatan 350 kW yang dikenal dengan IONITY.

Platform yang akan digunakan pada mobil ini sama seperti yang dipakai Hyundai Ioniq 5, di mana telah menggunakan Platform Electric-Globular Modular Platform (E-GMP) dari Hyundai Motor Group. Berdasarkan platform tersebut menjadikan ini model pertama KIA yang menggunakan platform EV khusus.

Selanjutnya, KIA CV juga sudah dibekali dengan pengisian daya dua arah. Di mana, penggunanya dapat mengaktifkan satu EV untuk mengisi baterai yang lain.

Secara total, KIA, sudah menargetkan untuk menghadirkan tujuh kendaraan listrik baru untuk pasar otomotif pada 2027 mendatang. KIA CV merupakan model awal dan sebagai permulaan bagi mereka. (hf)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag