Ini Line Up Lengkap Pembalap F1 2021, Hanya 3 Tim Dengan Skuad Sama Musim Lalu

Sabtu, 13/02/2021 21:53 WIB

mobilinanews (Inggris) - Lengkap sudah 20 pembalap regular dalam 10 tim peserta kompetisi F1 2021. Pembalap terakhir yang masuk resmi adalah Lewis Hamilton (Mercedes).

Itu sekaligus mengkonfirmasi bahwa hanya 3 tim yang tahun ini memasang duet pembalap yang sama dengan musim lalu.

Hamilton tetap berpasangan dengan Valtteri Bottas di Mercedes. Dua tim lain yang diperkuat joki lama adalah Alfa Romeo dengan Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi serta tim Williams yang tetap digawangi George Russell dan Nicholas Latifi.

Tujuh tim lain memasang skuad baru dan semuanya punya driver yang layak ditunggu penampilannya sepanjang musim ini.

Dimulai dari keberadaan Sergio Perez di Red Bull Racing, yang di seting sebagai trigger dan pendamping untuk mendorong performa Max Versatppen, tapi sesungghnya juga punya potensi mengalahkan sang mitra.

Yang utama ditunggu adalah bagaimana Perez bisa berkolaborasi dengan Verstappen untuk mengganyang duet Mercedes.

Selanjutnya adalah Daniel Ricciardo di tim McLaren, tim yang mulai tahun ini membesut mesin Mercedes. Daya tariknya paling tidak untuk melawan Sebastian Vettel yang juga usung mesin Mercedes di Aston Martin.

Sangat mungkin terjadi keduanya akan sering berangkat start dari posisi berdekatan.

Vettel sendiri tak hanya memikirkan Ricciardo. Tak mungkin kejar Mercedes dan Red Bull maka target realistis Vettel adalah mengalahkan dua joki Ferrari, sebagai pesan bahwa ia tak layak dipecat ferrari tahun lalu.

Berikutnya adalah Fernando Alonso yang come back setelah 2 tahun di luar F1 dan kini memperkuat tim lamanya, Renault, yang berganti nama jadi Alpine.

Jika Alpine bisa memberinya mobil yang kompetitif maka aksi Alonso bisa jadi daya tarik tersendiri dalam usianya yang kini 39 tahun.

Dan, gongnya adalah rivalitas 3 pembalap ruki yang semuanya alumnus F2 2020. Sang juara dunia F2 tahun lalu, Mick Schumacher, menjadi sorotan utama tak lain karena ia putra sang legenda Michael Schumacher.

Rivalitasnya dengan rekan satu tim di Haas, Nikita Mazepin, sudah dimulai sebelum kompetisi berlangsung dengan berbagai pernyataan keras Mazepin soal Schumacher.

Tambah lagi sejumlah aksi kontroversial Mazepin, di antaranya kasus video porno, membuat persaingan mereka berdua menarik di garis belakang.

Satu ruki lain adalah Yuki Tsunoda yang tahun lalu 3 Besar di F2. Gabung di tim AlphaTauri, Tsunoda dikenal pembalap muda pekerja keras yang bertarung di trek bagai seorang Samurai.

Kehadirannya memastikan gejolak F1 di Jepang kembali hingar-bingar karena sudah lama Jepang tak punya wakil di F1. Tsunoda diprediksi bersaing dengan Schumacher untuk meraih gelar Rookie of the Year 2021.

Dan, di atas semua itu, sepak terjang Hamilton tahun ini tetap menarik karena inilah kesempatannya menancapkan rekor baru F1 dengan 8 gelar juara dunia. (rnp)

DAFTAR TIM DAN PEMBALAP F1 2021

Mercedes: Lewis Hamilton / Valtteri Bottas
Red Bull Racing: Max Verstappen / Sergio Perez
McLarenDaniel Ricciardo / Lando Norris
Aston MartinSebastian Vettel / Lance Stroll
Alpine: Fernando AlonsoEsteban Ocon
FerrariCharles Leclerc / Carlos Sainz
AlphaTauriPierre Gasly / Yuki Tsunoda
Alfa Romeo: Kimi Raikkonen / Antonio Giovinazzi
Haas F1: Mick Schumacher / Nikita Mazepin
Williams: George Russell / Nicholas Latifi

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag