F1 2021: MCL35 Menggelinding di Silverstone, Debut Daniel Ricciardo di McLaren

Selasa, 16/02/2021 22:58 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tak lama setelah launching, tim McLaren masuk sirkuit Silverstone Inggris. Mesin Mercedes yang baru tahun ini lagi digunakan McLaren menderu-deru kali pertama, Sayang, dibatasi hanya untuk 100 km.

Ini kali pertama Lando Norris mencoba mesin Mercedes setelah sebelumnya pakai mesin Renault. Buat Daniel Ricciardo ini kali pertama di dalam kokpit McLaren setelah masuk tim ini muslia musim 2021. 

MCL35, kode mobil Mclaren tahun ini, justru menjadi mobil F1 pertama yang di-launching tahun ini. Padahal mereka sempat terkendala untuk menginstal mesin Mercedes dengan struktur sasis mobil yang sebelumya menggunakan mesin Renault. Perlu proses yang rada rumit karena kontur mesin yang berbeda.

McLaren dizinkan masuk sirkuit sebelum jadwal tes resmi, tak lain karena ketentuan FIA memang membolehkan hal itu untuk kepentingan promosi dan pengambilan foto dan film dokumenter.

Syaratnya, jarak tempuh tak boleh lebih dari 100 km per hari. Dan, ban yang digunakan pun bukan ban kompetisi meski sama-sama diproduksi oleh Pirelli. MCL35 sendiri akan menderu di Silverstone selama dua hari.

Lando Norris yang lebih dulu menguji MCL35 mengaku ada perbedaan tersendiri dibandingkan besutan McLaren tahun lalu.

Hanya saja ia tak bisa bedakan lebih detil karena aksi kali ini hanyalah untuk promosi belaka, dengan sejumlah keterbatasan aturan. Terlebih lagi dengan ban yang berbeda.

"Namun saya punya harapan lebih bagus dengan mesin baru ini. Performa sesungguhnya baru bisa kami dapatkan saat tes emi Bahrain," kata Norris.

Ricciardo sendiri belum gunakan jatah menggeber MCL35, tapi mengaku tak sabar untuk segera memulainya. Ia justru lebih banyak bercerita soal adapatasiya dengan seluruh kru McLaren dalam beberapa pekan terakhir.

"Saya coba berintegrasi dengan seluruh departemen balap McLaren. Itu punya kekuatan lebih besar dari sekadar jadi pembalap. Integrasi itu penting tapi juga hal sulit untuk memulainya," kata Ricciardo yang sebelumnya berada dalam tim Renault. (rnp)

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia