Lindungi Penumpang, PO Sumber Alam Buat Bus Anti Virus

Rabu, 17/02/2021 13:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pandemi Covid-19 yang masih menerjang Indonesia. Sektor yang turut terimbas adalah bidang transportasi. Untuk itu, inovasi dari para pemain bus yang melayani transportasi publik perlu dilakukan.

Menjawab itu, PO Sumber Alam yang selama ini menggunakan bus Hino seri R260 ikut memodifikasi busnya, agar ramah terhadap penanganan Covid-19. Mereka meluncurkan bus dengan konsep Bio Smart & Safe Bus di Tangerang, Selasa (16/2/2020)

Pengerjaan bu Sumber Alam ini, bekerja sama dengan Karoseri Laksana dan dibantu oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) serta dipandu oleh Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT). Bus ini dirancang guna kebutuhan transportasi masyarakat dimasa pandemi yang aman dan nyaman.

Bus Hino milik PO Sumber Alam ini tidak hanya menerapkan kursi tempat duduk physical distancing dengan konfigurasi 1-1-1. Ia juga didesain sirkulasi udara laminar vertikal pada kabin, untuk udara yang lebih bersih karena adanya penyedot udara dibawah kursi penumpang atau Inlet AC.

Untuk design bus pada umumnya, AC akan menyedot udara dari atas, serta jalur keluarnya AC juga dari atas kepala penumpang, hal ini menimbulkan turbulensi udara.

Pada Bio Smart & Safe Bus memasang penyedot udara yang berada di bawah, sehingga udara yang keluar dari louver AC bisa langsung turun dan terhisap oleh inlet AC yang ada di bawah untuk kemudian disterilkan lagi dengan HEPA filter dan UV-C light agar menjadi udara yang lebih bersih.

Bus Hino Bio Smart & Safe Bus ini juga disemprotkan lapisan material Nano Silver pada seluruh permukaan interior bus untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di dalam bus.

Dalam setiap perjalanan, operator bus juga melakukan pembagian masker herbal yang dibagikan untuk penumpang, hal ini tentunya menambah rasa aman dan nyaman bagi penumpang selama perjalanan.

Owner PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali mengatakan bus ini merupakan inovasi bagi pengguna transportasi umum dan sebagai wujud komitmen Sumber Alam menyediakan transportasi yang aman dan nyaman bagi penumpang.

“Bus ini memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat. Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah dan tersaring dengan baik untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus," kata Anton.

Bus ini juga menggunakan material Nano Silver yang memberikan proteksi tambahan bagi penumpang. Partikel ini akan membantu membunuh bakteri atau virus–virus yang menempel di dalam bus. (Elk)

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia