MotoGP 2021: Sesuai Harapan, Franco Morbidelli Kembali Geber Motor Lawas

Kamis, 18/02/2021 00:05 WIB

mobilinanews (Italia) - YZR-M1 sudah diluncurkan. Seperti tahun lalu hanya 3 dari 4 joki Yamaha yang mendapatkan spek motor terbaru. Seperti tahun lalu juga, hanya Franco `Franky` Morbidelli yang pakai motor lawas, spek 2019 yang disebut M1 A-spec. 

Sebagai pembalap Yamaha paling moncer tahun lalu sebagai runner up kejuaraan dunia dengan perolehan tiga kemenangan, sebenarnya pembalap tim satelit Petronas Yamaha itu layak diganjar dengan hadiah motor full pabrikan. Itu diakui oleh Managing Director Yamaha Lin Jarvis. Tapi, saat sama ia juga sebut itu tak mungkin.

"Franky layak mendapat spek motor teratas. Sayangnya tak bisa kami penuhi," kata Jarvis dn memastikan M1 2021 hanya untuk dua rider pabrikan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo dan 1 unit lainnya buat Valentino Rossi yang tahun ini menjadi duet Franky di tim Petronas Yamaha Srt.

Jarvis terus terang mengakui hal itu terkait biaya yang besar. Sementara di saat yang sama Yamaha juga diera masalah finansial akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. 

"Biaya motor pabrikan per unitnya jauh lebih mahal dari motor spesifiaksi A. Kami tidak sedang berada dalam kondisi ekonomi yang menguntungkan. Menyiapkan materialnya juiga butuh waktu. Keputusan motor 2021 untuk Franky sudah ditetapkan pada pertengahan tahun lalu, dan itu tak mungkin mudah diubah begitu saja pada bulan Oktober atau November," terangnya.

namun ia menjami bahwa perbedaaan antara M1 2021 dengan spek A yang akan digeber Franky tidaklah terlalu signifikan sehingga Jarvis juga yakin Franky tak akan dirugikan. Apalagi untuk 2021 tak ada pengembangan mesin sehingga praktis yang digunakan sama dengan motor 2020.

Apakah Franky kecewa?

Jelas tidak! Karena sejak akhir tahun lalu ia sudah memilih ingin melanjutkan perjuangan di 2021 dengan motor yang ia gunakan tahun lalu, yakni M1 berbasis 2019 namun ia tambahkan beberapa komponen dari spek 2020. Jadi, sebenarnya alasan Jarvis tak penting baginya. Justru karena dengan motor lawas itulah Franky dinobatkan sebagai salah satu kandidat kuat juara 2021, setidaknya oleh Jack Miller (Ducati).

Di sisi lain Manajer Tim Massimo Meregalli menyebut motor 2021 mereka adalah kombinasi 2019 dengan 2020 dalam arti gabungan kekuatan dari masing-masing spek, terutama untuk menanggulangi masalah ban belakang yang tahun lalu menjadi hantu bagi joki pabrikan. Ini menguatkan omongan jarvis kalau spek tahun ini tak terlalu jauh bedanya.

Artinya kekuatan 4 joki Yamaha secara teknis akan berimbang. Membuka rivalitas di antara merekahua. Khususnya Vinales, Quartararo dan Morbidelli. Akankah Rossi ikut terlibat di dalamnya? (rnp)

 

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024 Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat