Joan Mir dan Lewis Hamilton Wakili Motorsport di Ajang Laureus World Sports Awards

Rabu, 24/02/2021 22:33 WIB

mobilinanews (Inggris) - Ajang perhargaan tahunan olahraga top dunia kembali bergulir, 2021 Laureus World Sports Awards. Pembalap yang masuk nominasi lagi-lagi dari trek Formula 1 dan MotoGP, Lewis Hamilton (Mercedes) dan Joan Mir (Suzuki).

Tahun lalu Hamilton berbagi trofi terbaik dengan pesepakbloa Barcelona Lionel Messi. Tahun ini dengan reputasi sebagai juara dunia F1 7 kali, pembalap tim Mercedes itu bersaing dengan lima olahragawan top lainnya berebut gelar Laureus Worlds Sportsman of the Year. Lima pesaing Hamilton adalah Rafael nadal (tenis), LeBron James (basket), Robert Lewandowski (sepakbola), serta dua atlet atletik top saat ini Armand Duplantis dan Joshua Cheptegei,

Mercedes yang dibela Hamilton pun ikut pertarungan katagaori tim terbaik. Bersaing dengan raksasa sepakbola Bayern Munich dan Liverpool, berikut tim juara NBA Los Angeles Lakers, juara superbowl Kansas City Chiefs, dan tim rugby Argentina.

Tim F1 yang tercatat pernaih meraih gelar di ajang ini adalah Brawn GP dan Renault.  Hamilton sendiri sudah 6 kali masuk nominasi namun baru tahun lalu terpilih bersama Messi. Pembalap F1 yang pernah terpilih adalah Michael Scumacher (2002 dan 2004) serta Sebastian Vettel (2014).

Mir selaku juara dunia MotoGP 2020 masuk nominasi pada katagori World Breakthrough of the Year. Pembalap muda Spanyol ini sukses memberi gelar buat Suzuki di tengah rivalitas antarpabrikan yang sangat ketat. Ia hanya sekali menjadi pemenang dalam 14 race, tapi menjadi pembalap paling konsisten mendapuk poin dengan 7 di anataranya berdiri di atas podium.

Dalam katagori itu Mir berhadapan dengan Patrick Mahomes (gelandang yang membawa Kansas City Chiefs ke super bowl 2020), Ansu pati (bintang muda klub Barcelona), Tadej Podacar (pemenang Tour de France), serta petenis Dominic Thiem dan Iga Swiatek yang masing-masing ukses meraih gelar perdana Grand Slam-nya pada 2020. 

Dari lintasan MotoGP belum pernah ada pembalap yang meraih predikat terbaik versi Laureus yang rutin dihelat sejak tahun 2000. Hanya ada dua nama yang pernah masuk, Valentino Rossi dan Marc Marquez, tapi hanya sampai di batas nominasi. Tanda bahwa pemilihan di ajang ini memang bukan sembarangan. (rnp)

 

TERKINI
Peringati HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Motor Listrik Polytron Pecahkan Rekor MURI, Touring Jakarta-Bali Tempuh Jarak 1.333 KM BMW Connected Drive Hadir di Indonesia untuk Experienve Baru Berkendara Pentingnya Memiliki Asuransi Motor: Perlindungan dan Keamanan Finansial