MotoGP 2021: Tanpa Marc Marquez, Pol Terhambat Mengenali RC213V

Minggu, 28/02/2021 23:23 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Pol Espargaro terbang lebih awal ke Qatar, 3 hari sebelum tes pra musim MotoGP 2021. Selama tiga hari itu ia bikin persiapan awal mengendarai Honda RC213V yang belum pernah ia besut. Sayangnya, tanpa kehadiran Marc Marquez, ia merasa proses pengenalan pada RC213V akan berbeda.

Pembalap anyar tim Repsol Honda itu merasa sedikit galau karena sudah pasti Marquez sebagai pembalap andalan Honda tak akan bergabung di Qatar lantaran masih dalam proses rehabilitasi.

Ia yakin, jika ada Marquez maka proses pengenalan awanya terhadap RC213V akan lebih mudah. Maklum saja, RC213V selama ini diklaim hanya bisa dijinakkan Marquez dengan hasil 6 trofi MotoGP sejak 2013.

"Proses belajar akan jauh lebih cepat hasilnya jika berada bersama pembalap terbaik, salah satunya adalah Marc. Itu cara saya mengembangkan diri. Ia referensi terbaik untuk memahami karakter motor Honda," kata rider eks tim pabrikan KTM itu.

Sudah pasti dalam kesempatan perdana Pol akan belajar dari tester Honda Stefan Bradl yang sejak tahun lalu jadi pembalap pengganti Marquez. Selain itu ada juga duet Takaaki Nakagami dan Alex marquez dari tim satelit LCR Honda. Tapi, dibandingkan Marquez, pelajaran yang bisa dipetik tentu akan sangat berbeda.

"Saya akan tetap belajar dari mereka. Tapi, bagaimanapun tim ini membutuhkan kehadiran Marc. Ia pembalap nomor satu dalam tim. Ia pembalap paling cepat di atas RC213V."

"Semakin cepat ia kembali ke trek akan semakin banyak kesempatan saya belajar darinya. Dengan sendirinya sayajuga akan semakin cepat berkembang," imbuh Pol yang sejatinya adalah rival berat Marquez sejak kanak-kanak hingga di Moto2.

Sebagai langkah perdana, Pol akan coba mengendarai RC213V dengan caranya. Waktu ekstra tiga hari di depan itu adalah bagian dari rencana tersebut. Ia akan pelajari detil tikungan demi tikungan di Losail, mengingat-ingat racing line dan strategi teknis yang bisa ia ingat saat membesut KTM di sirkuit itu dan mencobanya di atas Honda. 

Akan seperti apa hasilnya, itulah yang menarik ditunggu. Siapa tahu justru motor itu sudah cocok dengan riding style-nya, sudah bisa ia geber hingga batas maksimal sehingga nantinya tak perlu belajar dari Marquez sekali pun. (rnp)

 

 

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2