Ini Daftar 21 Mobil Yang Mendapat Relaksasi PPnBM 0% Diberlakukan Per Hari Ini

Senin, 01/03/2021 13:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0% yang akan berlangsung pada Maret hingga Mei 2021, akan dimulai hari ini, Senin (1/3/2021). Penghilangan PPnBM ini ditujukan untuk merangsang pertumbuhan insdustri otomotif yang anjlok selama pandemi berlangsung.

Penghapusan pajak tahap pertama ini berdasrkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 Tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Dalam peraturan tersebut relaksasi PPnBM mensyaratkan mobil dengan kubikasi mesin di bawah 1.500 cc, gardan tunggal dan memiliki kandungan komponen lokal minimal 70%. Maka itu hanya beberapa mobil saja, termasuk hatchback, MPV, Low SUV, dan sedan.

Lalu mobil apa saja yang mendapatkan kue PPnBM 0% ini. Berikut 21 mobil dari berbagasi merek yang ketiban PPnBM 0% mulai dari Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Nissan, Honda, Suzuki hingga Wuling.

Untuk mobil merek Toyota ada Toyota Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Raize. Sementara saudaranya Daihatsu ada Daihatsu Xenia, Gran Max Minibus, Luxio, Terios dan Rocky.

Selan itu ada Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross. Untuk Nissan ada Livina. Sementara untuk Honda ada Honda Brio RS, Mobilio, BR-V, HR-V. Untuk Suzuki ada New Ertiga dan XL-7. Sementara produk Wuling yang mendapatkan relaksasi PPnB 0% yaitu Confero.

Untuk diketahui, secara rinci PPnBM akan berlangsung dalam tiga tahap. Pada tahap pertama (Maret-Mei) besaran insentif PPnBM yang diberikan mencapai 100 persen, lalu sebesar 50 persen pada tahap kedua (Juni-Agustus), dan sebesar 25 persen di tahap ketiga (September-November). (elk)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi