MotoGP 2021: Rombongan Pembalap Sebulan Penuh di Qatar, Tugas Ekstra Penyelenggara

Kamis, 04/03/2021 20:31 WIB

mobilinanews (Qatar) - Mulai besok, Jumat (5 Maret 2021), Sirkuit Losail sudah disibukkan dengan tes dan kompetisi MotoGP selama sebulan hingga 4 April mendatang. Beda dengan sebelumnya, tugas tuan rumah akan sangat luar biasa di tengah pendemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Sesi tes pra musim berlangsung sejak 5 Maret hingga 20 Maret (MotoGP/Moto2/Moto3 dan Asia talent Cup). Lanjut dengan race pembuka musim 2021 GP Qatar pada 26-28 Meret.

Dan, masih berlanjut dengan putaran kedua tahun ini dengan tajuk GP Doha di tempat sama pada 2-4 April. Berarti sebulan penuh ribuan orang asing berada di Qatar.

Tugas tuan rumah tak lagi hanya sebagai penyelanggara balapan seperti biasanya, tapi juga menjaga kesehatan tamunya sekaligus rakyat Qatar sendiri. Sebuah beban yang baru kali ini terjadi.

"Tapi kami sudah menyiapkan semuanya, berkoordinasi dengan berbagai bidang terkait di pemerintahan maupun swasta. Yang pasti protokol kesehatan akan sangat ketat," kata President Federasi Motorsport Qatar (QMMF) Abdulrahman al-Mannai saat jumpa pers virtual dari Losail, Qatar.

Dalam peraturan resmi Qatar, setiap pendatang dari luar harus dikarantina minimal 6 hari untuk mencegah masuknya virus Covid-19. Bisa keluar setelah dalam kurun waktu itu negatif dalam dua kali tes PCR.

Khusus untuk rombongan balap, bisa melewati karantina sepanjang punya sertifikat negatif Covid-19 yang masih berlaku. Namun semuanya dari bandara langsung menuju hotel yang sudah disediakan dan sama sekali tak boleh keluar dari halaman hotel.

Mereka hanya boleh ke pergi pulang ke sirkuit dan itu pun harus dengan moda transportasi khusus yang telah disediakan. Tak ada yang boleh.

"Bekerjasama dengan Dorna akan dilakukan tes berkala  kepada semua pembalap dan awak tim," imbuh Al-Mannai sembari menambahkan pembalap yang pulang dalam masa jeda antara tes dengan GP Qatar maka berlaku ketentuan awal saat masuk kembali.

Ia mengakui penonton akan diperbolehkan masuk sirkuit, tapi hanya dalam 20% kapasitas tribun sirkuit. Dan, prokes kesehatan akan berlaku sangat ketat. Mulai dari pintu masuk sirkuit hingga pemeriksaan di tribun dalam hal penggunaan masker dan aturan jaga jarak.

Al-Mannai menyebut semua itu adalah tantangan bagi Qatar untuk menyelenggarakan berbagai event dunia di negerinya.

Dan, di luar tantangan itu tentu Qatar juga meraih keuntungan tersendiri. Tak hanya imej dan promosi negeri ke eluruh dunia, tapi juga keuntungan ekonomi.

"Selama sebulan mereka di sini. Ini tentu membawa dampak positif dari sudut ekonomi," tandasnya. (rnp)

JADWAL KEGIATAN DI LOSAIL

MotoGP Shakedown - 5, 6, 7 Maret

MotoGP Official Test – 10, 11 dan 12 Maret

Asia Talent Cup Official Test/Moto3/Moto2 – 19 dan 20 Maret

Grand Prix of Qatar – 26, 27, 28 Maret

Grand Prix of Doha – 2, 3, 4 April

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag