MotoGP 2021: Belum Tahu Kapan Marquez Kembali Balapan, RC213V Tetap Posisi Ready To Use!

Kamis, 04/03/2021 22:41 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Beberapa hal baru dicoba pada RC213V spek 2021. Pengujinya Stefan Bradl, tester Repdol Honda yang sejak tahun lalu menjadi pengganti Marc Marquez yang masih cidera berkepanjangan. Yang diuji Bradl tentu bukan untuk dirinya, melainkan Marquez jika nanti kembali ke trek MotoGP.

Kenyataan itu diungkap langsung Santi Hernandez, Kepala Mekanik Marquez. Hernandez ini pula yang menjadi komandan teknis sepanjang Bradl masih dengan status pengganti Marquez.

Dan, Bradl jadi kelinci percobaan untuk beberapa hal baru yang disebut Hernandez dipersiapkan khusus jika Marquez kembali ke medan laga. 

"Sekarang yang kami lakukan dengan Stefan dan Honda mencoba dan memahami hal-hal baru yang kami miliki. Disiapkan untuk Marc jika nanti kembali. Mencoba sebanyak mungkin yang bisa kami lakukan agar siap kala Marc datang kembali, yang saya harapkan bisa sesegera mungkin," kata Hernandez lewat laman resmi tim Honda.

Tanpa Marquez di sampingnya dan tanpa sokongan data langsung dari aksi Maquez di lintasan, menjadi pengalaman pertama Hernandez sejak menjadi mekanik andalan juara dunia MotoGP 6 kali itu kala masih bermain di level kejurnas Spanyol.

Namun kolaborasi dan kedekatan personal yang sedrmikian lama itu membuat Hernandez paham betul apa kelemahan dan kelebihan Marquez. Ia juga paham karakter dan apa yang dituju Marquez kala sudah berada di atas jok motornya.

"Begitu di atas motor yang diperjuangkan Marc adalah kemenangan. Itu sebabnya kami harus siap dan mencoba segala sesuatunya agar ia juga langsung siap saat kembali."

Caranya adalah menginstruksikan Bradl untuk mencoba hal-hal baru yang ia sebut tadi dengan cara yang biasanya dilakukan Marquez.

Di sini tak penting bagaimana cara Bradl meng-handle RC213V. Tapi, yang paling penting bagaimana Bradl bisa mewujudkan apa yang diharapkan Hernandez.

Yang tentu saja itu berkaitan dengan riding style Marquez, dan soal ini sangat dipahami Hernandez. Ia yang paling paham soal gaya balap Marquez berikut plus dan minusnya.

Jadi bisa dimaklumi jika dalam tes Qatar nanti mungkin saja Bradl tak bisa bermain di grup 10 Besar meski ia sendiri mantan pembalap MotoGP. Karena yang ia perankan bukanlah dirinya, tetapi tugas khusus untuk kepentingan Marquez. (rnp)

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap