F1 2021: Logo Bendera Rusia di Haas Diawasi, Bakal Dilarang Demi Hukum

Jum'at, 05/03/2021 20:05 WIB

mobilinanews (Inggris) - Badan Anti Doping Dunia (WADA) langsung bereaksi atas simbol bendera Rusia yang terpasang pada livery mobil tim Haas di musim ini, VF21, yang baru saja diluncurkan. Berdasarkan penetapan Pengadilan Olahraga Dunia (CAS), penggunaan simbol bendera Rusia itu jelas melawan hukum.

Atlet Rusia terbukti terlibat doping massal pada Olimpiade Musim Dingin 2014 yang berlangsung di Sochi, Rusia. Pada Desember 2020 lalu CAS sudah keluarkan keputusan bahwa lagu kebangsaan, bendera, bahkan kata `Rusia` pun tak boleh ada dalam bentuk apa pun pada ajang olahraga resmi.

Sejak Januari lalu sejumlah atlet Rusia sudah jalani hukuman itu, termasuk pereli Rusia di Monte Carlo Rally lalu yang hadir sebagai peserta netral. Tak ada tertulis nama negaranya, di mobil pun tak ada logo bendera.

Pihak Haas mengatakan telah menyelesaikan desain mobil 2021 mereka dan berkonsultasi dengan FIA sebelum acara launching.

Tapi, anehnya, usai acara itu FIA justru menyebut desain mobil dengan logo bendera Rusia (putih, biru, merah) di bagian penutup mesin dan sayap depan mobil adalah pelanggaran dari keputusan CAS.

Dikutip dari Formulaspy, seorang juru bicara WADA menyebut pihaknya telah mengetahui apa yang telah dilakukan Haas. Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, apa yang dilakukan Haas akan terus dipantau. Karena launching bukan acara resmi badan olahraga dunia, bisa jadi Haas belum terkena sanksi.

Tapi, jika mobil besutan para rookie yakni Mick Schumacher dan Nikita Mazepin itu tampil dalam official winter test pekan depan di Bahrain, bakal lain ceritanya.

Kedatangan Mazepin, pembalap Rusia, jadi  faktor utama perubahan livery Haas tahun ini. Tim AS bermesin Ferrari itu mendapat suntikan dana besar berupa sponsor utama dari Uralkali. Itu perusahaan kimi raksasa Rusia yang pemilkinya adalah ayah Nikta sendiri, Dmitry Mazepin.

Tes resmi F1 berlangsung 12-14 Maret 2021 di Bahrain. Dilanjut dengan seri pembuka serial lomba 2021 di lokasi sama pada 26-28 Maret.

Kemungkinan besar livery Haas akan berubah di sana, jika tak ingin dapat masalah besar. (rnp)

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag