Siap Melaju dengan Motor Listrik, 4 Raksasa Bentuk Konsorsium Baterai

Minggu, 07/03/2021 15:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Raksasa-raksasa sepeda seperti Yamaha, Honda, Piaggio dan KTM mulai melakukan pengembangan produk motor listrik. Hal ini tak bisa ditunda lagi karena industri otomotif bergerak cepat menuju elektrifikasi kendaraan.

Berkaitan dengan itu, kolaborasi untuk mempercepat pengembangan produk, utamanya baterai sebagai bahan baku motor listrik perlu mendapat perhatian. Untuk itu, KTM telah menandatangani kerja sama dengan Yamaha, Honda, Piaggio dalam bentuk konsorsium baterai agar mempercepat pengembangan motor listriknya.

Motorcycle dalam laporannya beberapa hari lalu mengabarkan KTM AG telah mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani Letter of Intent (LOI) dengan Honda Motor Co., Ltd, Yamaha Motor Co., Ltd, dan Piaggio & C SpA untuk mendirikan Konsorsium Baterai yang dapat ditukar untuk sepeda motor.

Dalam konteks Perjanjian Iklim Paris dan pengembangan elektromobilitas, anggota pendiri konsorsium yakin bahwa ketersediaan sistem baterai yang dapat ditukar dengan baterai standar standar akan mendorong penggunaan kendaraan listrik ringan secara luas dan berkontribusi pada manajemen siklus hidup yang lebih berkelanjutan.

Selain itu, dengan memperluas jangkauan dan mempersingkat waktu pengisian baterai, dan termasuk ketersediaan infrastruktur akan menjawab kekhawatiran utama pelanggan mengenai masa depan mobilitas listrik.

Oleh karena itu, tujuan Konsorsium adalah untuk menentukan spesifikasi teknis standar dari sistem baterai yang dapat ditukar untuk kendaraan yang termasuk dalam kategori-L seperti moped, sepeda motor, sepeda roda tiga, dan sepeda quad.

Mereka berharap dengan bekerja sama antara pemangku kepentingan dan badan standardisasi nasional, Eropa dan Internasional, anggota pendiri Konsorsium akan terlibat dalam pembuatan standar teknis internasional terkait spesifikasi baterai dan pengembangannya

Konsorsium ini akan memulai aktivitasnya pada Mei 2021. Keempat pabrikan yang merupakan pendiri akan mendorong semua pemangku kepentingan yang berminat untuk bergabung dalam kerja sama untuk memperkaya keahlian konsorsium.

CEO KTM AG, Stefan Pierer, CEO KTM AG mengatakan keberlanjutan adalah salah satu pendorong utama mobilitas masa depan dan elektrifikasi akan memainkan peran utama dalam mencapai tujuan ini.

"Untuk kendaraan roda dua bertenaga memiliki kendala dari drivetrains elektrik terkait jangkauan, waktu pengisian dan biaya awal masih terlihat. Untuk mengatasi tantangan ini, mereka perlu memberikan pengalaman yang lebih baik soal sistem baterai pada pelangganyang agar bisa ditukar berdasarkan standar teknis internasional akan menjadi solusi yang layak," katanya Pierer

KTM telah menjadi bagian dari industri kendaraan roda dua elektrik sejak awal dan telah mengembangkan produk utama di segmen listrik dalam upaya berinovasi menuju pengembangan kendaraan masa depan, sambil mendorong pendatang baru yang akan mempertahankan eksistensi mereka. (Elk)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap