MotoGP 2021 Tes Qatar: Kecepatan Setan Johann Zarco, Benarkah Karena Mesin Berbeda?

Kamis, 11/03/2021 16:21 WIB

mobilinanews (Qatar) - Sepanjang Qatar menjadi penyelenggara MotoGP, belum pernah ada pengendara motor yang mampu melaju di atas 350 km/jam di Sirkuit Losail. Baru Johann Zarco (Pramac Ducati) yang bisa lakukan dalam tes pra musim yang tengah berlangsung. 

Bukan sekali, tapi dua kali Zarco mencetak top speed macam itu. Kalau sebelumnya di angka 351 maka pada tes kemarin ia perbaiki jadi 352,9 km/jam sementara banyak pesaingnya mencapai angka 340 saja sudah dengan motor yang bergetar-getar di trek lurus.

Kecepatan setan, itu sebutan bagi kecepatan di arena balap yang melampaui batas wajar. Itu sebabnya top speed Zarco menjadi topik pembicaraan di paddock Losail. Bagaimana DesmosediciGP21 meraih itu, apakah ada yang berbeda dengan mesinnya?

"Mungkin saja memang beda," senyum Zarco tanpa menyebut pasti ada atau apa yang berbeda.

Yang jelas, meski dengan bendera tim satelit, ia menggeber Ducati spek terbaru 2021 yang sama dengan para joki pabrikan Ducati Jack Miller dan Fransesco Bagnaia. Miller sendiri menjadi rider tercepat saat ini dalam tes Qatar dengan best lap 1:53,183 yang melampaui rekor 2019 yang dibuat Marc Marquez (Honda). 

Zarco meski cetak best top speed tapi pada saat lap tersebut hanya meraih urutan tercepat ke-4 di bawah Miller dan dua rider pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Dan, hanya mereka berempat yang bisa berlari di bawah catatan 1 menit 54 detik di trek Losail sepanjang 5,38 km.

Zaro sendiri mengaku tak menduga perkembangan motornya meningkat secepat ini dibandingkan sesi tes sebelumnya. Ia pun menduga semua itu berkat hal-hal kecil yang ia dan teknisinya lakukan saat merancang setingan motor. Ternyata, katanya, ada hal kecil yang membuahkan pengaruh besar. Dan, bisa jadi itu ituah yang ia sebut perbedaan pada mesinnya. Hanya karena beda set up.

"Hari ini hal-hal kecil membuat peningkatan yang sangat signifikan. Baik dalam perasaan maupn pengendalian motor. Itu tak mudah dan itu pun hanya bisa diraih jika Anda berkendara dengan benar. Ini yang membuat saya sangat senang," ucap pembalap Prancis itu,

Masih ada dua hari tes, hari ini dan besok. Maihkah ada kejutan dari Zarco atau ia yang akan dikejutkan pembalap lain? (rnp)

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia