Tes MotoGP 2021 Qatar: Semua Mata Tertuju Kepada Espargaro Bersaudara

Kamis, 11/03/2021 23:58 WIB

mobilinanews (Qatar) - Aleix Espargaro (Aprilia) konsisen main di kelompok 6 Besar sepanjang tes Qatar dan sesekali saat tes naik ke 3 Besar bahkan sempat memimpin perolehan waktu tercepat. Amat sangat jarang Aprilia begitu. Tak kalah mengejutkan adalah adiknya, Pol Espargaro di atas Honda RC213V.

Pembalap baru Honda itu baru tiga hari membesut RC213V yang selama ini dikenal hanya bisa dijinakkan Marc Marquez. Tapi, nyatanya, tanpa perlu mengubah riding style, Pol sudah tampak akrab dengan motornya. 

Di akhir Tes Qatar 1 pada 7 Maret lalu Pol hanya berada di urutan tercepat 12 dari 29 pembalap. Ia tercecer hingga 0,7 detik dari Fabio Quartararo (Yamaha) yang jadi rider tercepat.

Pada hari tes ketiga kemarin, Pol sudah mampu berikan feedback pada para teknisinya untuk lakukan perubahan. Hasilnya, ia bisa mengembangkan kecepatan kisaran 0,8 detik dibandingkan hari pertama ia geber RC213V.

Ia berada di urutan 5 tercepat meski masih kalah 0,7 detik dari Jack Miller (Ducati) yang tercepat. Istimewa karena di balap sekelas MotoGP, peningkatan waktu 0,1 detik saja jelas perjuangan keras.

Tapi, Miller sendiri mengaku kaget dengan perkembangan pesat Pol dalam waktu sependek itu. Miller bahkan menyebut Pol bisa jadi kuda hitam pada race pembuka MotoGP 2021 nanti di GP Qatar.

Pol sendiri tak menyangka ia bisa beradaptasi secepat itu dengan Honda meski diraih sedikit demi sedikit, lap demi lap.

"Perkembangan ini datang lebih cepat dari yang saya perkirakan. Saya tak mengatakan ini mudah karena faktanya saya raih dengan kerja keras pada setiap hari tes," katanya.

Meski demikian, katanya, masih banyak yang harus ia pelajari dari RC213V. Terutama cara membawanya sampai limit sebagaimana acap dilakukan Marquez. Namun seiring waktu, ia yakin bisa meningkat lebih baik lagi.

Pada hari ke-4 tes pada Kamis (11 Maret 2021) saat ini, Pol msih bermain di kelompok 4 Besar dan sesekali naik ke urutan 3 dan 2. Tes ini berakhir pada Jumat (12 Maret) nanti pukul 01.00 WIB. Maih tersisa waktu tes selama 1 jam.

Dan, dalam kurun waktu itu banyak hal yang bisa berubah. Apakah Pol bertahan di 4 Besar, turun, atau bahkan naik ke big three? Dan, bagaimana pula dengan Aleix di Aprilia? (rnp)

 

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2