Vaksin Timur Tengah Untuk Rombongan MotoGP dan Formula 1

Jum'at, 12/03/2021 16:06 WIB

mobilinanews (Qatar) - Kawasan Timur Tengah bukan hanya panas karena cuacanya. Sepanjang Maret ini juga dipanaskan oleh gelegar dua balap level dunia, MotoGP di Qatar dan F1 di Bahrain. Berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang setiap saat mengancam.

Dibandingkan Bahrain, Qatar jauh lebih sibuk. Winter test jelang kompetisi MotoGP 2021 sudah digelar dari 6 Maret lalu hingga hari ini, Jumat (12 Maret 2021). Kemudian dilanjutkan oleh tes khusus Moto2 dan Moto3 pada 19-21 Maret.

Dan ditutup oleh dua ajang pembuka serial lomba 2021, yakni GP Qatar pada 26-28 Maret dan GP Doha pada 2-4 April. Semuanya di Sirukit Losail.

Dalam sebulan ini ribuan orang asing dari berbagai negara akan tinggal di Qatar. karena itu sejak awal prokes terkait Covid-19 diberlakukan ketat dan terarah dengan tes PCR berlapis. Mulai dari negara asal, tiba dan selama di Qatar, akan secara periodik diwajibkan tes.

Semuanya juga hanya boleh berkeliaran dari hotel - sirkuit - hotel dengan transportasi khusus. Tak ada yang boleh menyewa mobil sendiri, meskipun ia team owner.Selama di hotel pun ya harus diam di hotel, sekadar ngopi ke luar hotel pun dilarang.

Protokol itulah yang disepakati sehigga otoritas kesehatan Qatar mengizinkan dua ajang Grand Priax dalam satu pekan boleh digelar. FIM dan Dorna harus tunduk.

Kebetulan Qatar tengah gencar lakukan program vaksin secara nasional. Seluruh rombongan Grand Prix pun ditawarkan masuk dalam program itu, vaksin gratis. Sifatnya bukan kewajiban, tapi buat mereka yang bersedia saja.

"Program vaksin kami sudah meningkat signifikan. Karena itu kami menawarkan layanan vaksin Covid-19 bagi seluruh tamu kami," tulis pernyataan pers dari otoritas kesehatan setempat.

Layanan serupa sudah ditawarkan Bahrain sejak pekan lalu. Hanya saja saat itu Liberty Media menyebut tak ada program vaksin yang mereka rancang di Bahrain dan menyebut tim juga menolak hal itu. Belakangan ternyata disambut setidaknya oleh tim Ferrari dan Mercedes. Ferrari sebut ratusan stafnya akan memanfaatkan layanan kesehatan itu. Begitu pula kru tim Mercedes.

Mulai hari, 12 Maret, berlangsung winter test F1 di Sirkuit Sakhir Bahrain hingga 14 Maret. Sebagian besar rombongan F1 akan tinggal di negeri hingga menunggu seri pembuka musim 2021, GP Bahrain pada 26-28 Maret 2021. (rnp)

 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok