Selamat Jalan Sang Komentator F1, Murray Walker

Minggu, 14/03/2021 15:55 WIB

mobilinanews (Inggris) - Komentator Formula One (F1) legendaris, Murray Walker, meninggal dunia pada usia 97 tahun, Sabtu (13/3/2021). Walker asal Inggris ini, telah diasosiasikan sebagai komentator F1 selama hampir 3 dekade, dan menjadi sentral liputan TV F1.

Dalam sebuah pernyataan resmi dari The British Racing Drivers Club menyebutkan kepergian Walker meninggalkan kesedihan mendalam bagi mereka dan dunia F1. Dia adalah seorang legenda motor sport sejati.

"Dengan sangat sedih kami berbagi berita tentang meninggalnya Anggota Associate BRDC, Murray Walker OBE. Seorang teman, legenda olahraga motor sejati, komentator favorit dengan senyumnya yang menular. Kami berterima kasih kepada Murray atas semua yang telah dia lakukan untuk komunitas kami. RIP teman,” ungkap pernyataan tersebut mengutip, Carscoops (13/3/2021)

Walker lahir 10 oktober 1923. Sebagai seorang anak pembalap motor, sejak kecil ia sudah jatuh cinta dengan motor sport.

Ayahnya adalah Graham Walker yang malang melintang di dunia balap roda dua selama 15 tahun dan termasuk deretan pembalap elit karena pernah memenangkan Isle of Man TT.

Walker memang tidak memiliki kemampuan balap seperti sang ayah. Namun kecintaannya pada dunia balap membuatnya menjadi pribadi yang setia berada di setiap lintasan balap. Pengetahuan luas karena kebiasaannya ini, yang membuatnya kemudian menjadi komentator balap motor setiap akhir pekan.

Hobinya mengomentari balap sempat terhenti saat usia 18 tahun karena ia harus menjalani wajib militer bersama tentara Inggris saat perang dunia ke dua. Saat itu, dia memimpin sebuah tank Sherman, dan bahkan mencapai pangkat kapten. Usai perang, ia meninggalkan militer dan kembali menjadi komentator balap.

Walker pertama kali mengomentari Grand Prix pada tahun 1949 untuk siaran radio. Setelah itu dunia balap kemudian menjadi sahabatnya. Pada tahun 1976, setelah kemenangan James Hunt atas Niki Lauda, minat publik Inggris terhadap F1 berada pada titik tertinggi dan dia ada di sana.

BBC memutuskan untuk meliput semua Grand Prix, dan meminta bantuan Walker untuk memimpin liputan. Kesempatan ini menjadi sebuah langkah yang akan membuat F1 menerimanya dan menjadikannya sebagai ikon komentator F1 putaran demi putaran di dunia televisi.

Salah satu pasangan komentator yang paling berkesan baginya adalah sang juara F1 1976 James Hunt. Selain itu, ada nama Mantan pembalap Formula 1 Martin Brundle yang saat itu memimpin liputan F1 untuk Sky Sports.

Perjalanan panjangnya selama puluhan tahun dan profesionalitas di dunia F1 membuatnya menerima julukan khusus yang dikenal dengan "Murrayisms". Walker pensiun menjadi komentar F1 pada tahun 2001 pada usia 78.

Meskipun demikian, ia tetap menjadi penggemar olahraga di tahun-tahun berikutnya. RIP Walker. (Elk)

TERKINI
PT BYD Motor Indonesia Menandatangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD di Indonesia Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya