Penjualan Naik 100% Lebih Pasca PPnBM 0%, Toyota Minta Pabrik Tingkatkan Produksi

Senin, 15/03/2021 13:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kebijakan penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor memetik hasil positif. Upaya ini diharapkan akan memberikan kontribusi pada kemajuan ekonomi di saat pandemi.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri mengatakan ada peningkatan signifikan dari kebijakan PPNBM 0% yang digulirkan. Hal ini tentu menjadi sebuah kebijakan yang cukup potensial untuk meningkatkan geliat industri otomotif.

“Sejak dikeluarkannya kebijakan ini beberapa hari lalu, perusahaan otomotif melaporkan peningkatan penjualan,” ujar Febri melalui keterangan resminya di Jakarta beberapa waktu lalu. Hal ini dibuktikan dengan penjualan mobil Toyota yang megalami peningkatan SPK setelah kebijakan ini berjalan.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, penjualan mobil Toyota yang mendapatkan insentif PPnBM mengalami peningkatan signifikan. Ini terlihat dari total surat pembelian kendaraan (SPK) yang dikeluarkan.

“Dari data 1-8 Maret 2021, untuk Avanza, Sienta, Rush, dan Yaris, SPK-nya naik sekitar 94-155% kalau dibandingkan dengan SPK bulan Februari di tanggal yang sama,” ungkapnya.

Sementara untuk Vios, yang mendapatkan diskon terbesar hingga Rp65 juta imbas dari insentif ini, penjualannya naik lebih besar lagi karena sebelumnya permintaannya memang tidak banyak.

Anton mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta pabrik untuk meningkatkan produksinya. “Sekarang kami sedang memonitor kondisi stok, karena tidak mudah juga pabrik menambah produksi dalam waktu singkat,” ujarnya. (Elk)

TERKINI
Sukses Gemilang! PEVS 2024 Jadi Tonggak Perkembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Halal Bihalal Nissan Terrano Club Sumatera Barat, Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya