MotoGP 2021: Latihan Start 2 Jam Dengan Tangki Penuh, Ini Yang Ditarget Maverick Vinales

Selasa, 16/03/2021 13:59 WIB

mobilinanews (Qatar) - Momentum selepas start menjadi salah satu kelemahan klasik Maverick Vinales (tim pabrikan Yamaha). Ia acap berada di grid terdepan (front row) tapi sering langsung tertinggal di lap pembuka. Itu yang harus ia ubah.

Itu sebabnya  ia sampai mengalokasikan waktu khusus berlatih start saat tes pra musim Qatar lalu. Selama dua jam penuh. Ia latihan melakukan start dengan kondisi tangki BBM selalu penuh. Berusaha membuat latihannya mirip dengan situasi start sesungguhnya. Karena momen selepas start ini sangat krusial, terutama saat berebut memasuki tikungan pertama yang acap beresiko crash atau melebar.

"Saya harus berusaha keras agar selepas start langsung berada di depan atau setidaknya di posisi kedua. Dan, kemudian terus melaju ke depan," ucapnya.

Tentu, sebelum sampai pada proses start itu, hal penting pertama yang harus ia lakukan adalah mendapatkan grid position di depan dan itu harus ia peroleh lewat kualifikasi.

"Tak ada cara lain kecuali time attacking luar biasa di kualifikasi untuk dapatkan posisi front row. Tak ada peluang lain kecuali menyerang secara penuh. Kerja sangat keras sudah harus dilakukan pada Sabtu agar raceday Minggu bisa diawali dengan lebih baik."

Lanjut Vinales, catatan waktu itu hanya bisa diraih dari performa motornya. Dari sisi pembalap, katanya, tak lagi ada yang bisa dilakukan karena sudah maksimal membawa M1 ke batas maksimalnya. 

"Kami akan membuat set up berbeda pada kopling dan mencoba memperbaiki lap timeBe. Semua teknisi bekerjaeras di area tersebut karena mereka paham ini adalah kunci keberhassilan tahun ini."

Menjadi pembalap kedua tercepat di bawah Jack Miller (Ducati) dengan selisih 0,061 detik, Vinales percaya diri melkoni dua race awal 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Ia tak khawatir dengan Ducati yang sangat kuat di trek lrus karena faktanya dari dulu Ducati memang mengalahkan Yamaha di bagian tersebut. Yang penting, kelemahan di trek lurus bisa ia koreksi saat melaju di tikungan.

Rival lain adalah rekan satu timnya sendiri di pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo, yang bersaing keras dengan Vinales dalam torehan lap times. Juga masih dalam radar ancaman adalah Franco Morbidelli (Petronas Yamaha Srt) meski M1-nya adalah produk 2019. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Sukses Ciptakan Bintang Masa Depan, Asian Talent Cup Merayakan Hari Jadinya yang Ke-10 Tahun Yamaha dan Honda Gelar Tes Privat di Mugello Mulai Hari Ini, Service Motor Matic di AHASS Jakarta-Tangerang Dapat Diskon BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih