Masalah Fuel Pump, Daihastu Siap Perbaiki 97.290 Unit Mobil di Indonesia

Kamis, 18/03/2021 16:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra daihatsu Motor (ADM) mengumumkan recall atau penarikan 97.290 unit mobil akibat masalah fuel pump yang dialami oleh beberapa produknya. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab produsen terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan konsumennya.

Secara rinci model-model yang terkena recall antara lain 53.246 unit Grand New Xenia yang diproduksi antara Oktober 2017 hingga Juni 2019, All New Terios berjumlah 41.152 unit dengan produksi Desember 2017 hingga Juni 2019 dan All New Sirion sebanyak 2.892 unit yang periode produksi Juni 2018 hingga September 2019

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan penarikan dilakukan pada model ini karena ada keluhan dari pelanggan Daihatsu soal unit yang tiba-tiba mati pada saat digunakan.

"Pada semester pertama 2019, kita menerima 24 pelanggan kita yang mengeluhkan mesinnya mati atau tersendat. Dari hasil investigasi yang kita lakukan didapati karena komponen fuel pump, yang di dalamnya impeller mengembang melebihi standar, sehingga mobil tiba-tiba mati dan sulit dihidupkan kembali," kata Bambang di Jakarta, Kamis (18/3/2021)

Bambang menguraikan penyebab impeller dalam fuel pump yang mengembang membuat aliran bahan bakar tidak berjalan sempurna sehingga menyebabkan mobil mulai tersendat, tenaga mulai menurun dan akhirnya mesin ikut mati dan sulit dinyalakan.

Berkaitan dengan itu, Daihatsu telah berkoordinasi dengan 160 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia untuk terlibat dalam program recall dan perbaikan komponen Fuel pump bermasalah yang ada pada model-model yang disebutkan.

Nantinya kostumer yang merasa mobilnya terkaut dengan recall dapat menghubungi pihak Daihatsu atau dealer remi mereka di seluruh Indonesia untuk melakukan perbaikan.

Mobil yang dibawa ke bengkel akan langsung mendapatkan penggantian komponen tanpa dipungut biaya alias gratis. (Elk)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag