Ngetes Aprilia RS-GP Bulan Depan, Jalur Andrea Dovizioso Balik ke MotoGP 2022

Kamis, 18/03/2021 18:11 WIB

mobilinanews (Italia) - Andrea Dovizioso bakal sibuk menguji Aprilia RS-GP pada 12-14 April 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Sementara hanya itu saja, 3 hari. Apakah eks pembalap Ducati itu akan permanen jadi tester atau bahkan kembali ke grid MotoGP 2022 sangat bergantung pada hasil tes 3 hari itu.

Bos tim Aprilia Massimo Rivola dalam siaran persnya menyatakan kesepakatan dengan Dovi saat ini hanya terbatas pada tes tiga hari itu. Sama sekali tak ada ikatan jangka panjang. Ibarat pacaran, ini baru saling lirik antara kedua pihak, saling ukur kecocokan tanpa komitmen nantinya harus berakhir dalam sebuah `perkawinan`.

"Hari-hari di Jerez hanya akan menjadi kesempatan saling mengenal lebih baik. Tak ada komitmen jangka panjang. Tapi, kami sangat menyadari kualitas seorang Andrea Dovizioso. Kontribusinya akan sangat penting meski hanya dalam sebuah sesi tes," ujar Rivola, mantan petinggi tim di F1 yang beralih ke MotoGP, beda dengan Davide Brivio yang tahun ini hengkang dari MotoGP ke F1.

Dovi yang mundur dari Ducati dan ingin cuti sepanjang 2021 sebenarnya ditawari Aprilia menjadi tester ataupun rider regular akhir tahun lalu, tapi ia menolak. Bahwa sekarang ia terima tawaran tes selama tiga hari saja, katanya, tak lain untuk menjaga performa dirinya di ats motor sekelas MotoGP.

"Ketika kami bicara tentang kemungkinan tes ini, saya dengan senang hati menerimanya karena mengendarai motor MotoGP lagi. Sekaligus ini kesempatan untuk memberi masukan kepada para teknisi Aprilia," kata Dovi, 34 tahun.

Saat ini Aprilia sama sekali tak memiliki test rider setelah Bradley Smith keluar dan Lorenzo Savadori naik menjadi pembalap regular mendampingi Aleix Espargaro. Pada tes pra musim Qatar lalu, Aprilia RS-GP besutan Aleix lumayan tokcer karena konsisten berada 4-6 Besar tercepat.

Tes yang akan dilakukan Dovi tentu saja jadi bagian dari pengembangan Aprilia pasca winter test Qatar 2021. Dan, bukan tak mungkin pabrikan Italia itu akan coba `mencuri` ilmu pesaingnya sesama pabrikan Italia, Ducati, melalui pengalaman panjang Dovi di sana.

Itu penting karena Ducati bisa dibilang meraja di tes pra musim dengan best lap maupun top speed. (rnp)

TERKINI
Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Bersaing Untuk Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Apresiasi Prestasi Timnas, Hyundai Serahkan Genesis Electrified G80 ke Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi